MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI SUMBER BELAJAR BAHAN ALAM

Yeshinta Resty Trisna Jayanti, Anik Lestariningrum, Isfauzi Hadi Nugroho

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini pada jalur pendidikan formal berupa Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sekolah bermain merupakan salah satu teknik untuk merangsang anak melalui pembiasaan dan bakat dasar. Belajar pemahaman anak dalam bilangan harus dimulai sejak usia dini, dengan metode yang mudah dipahami. Salah satu konsep aritmatika palingh penting bagi anak untuk dipahami .Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media bahan alam dapat membantu anak usia dini dalm meningkatkan kemampuan matematika sesuai dengan pola berfikir anak. Pemanfaatan media bahan alam sebagai pembelajaran secara tepat akan membantu anak dalam menimgkatkan beberapa aspek perkembangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan perkembangan kemampuan matematika pada anak usia dini 4-5 tahun ?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pemanfaatan media bahan alam dapat meningkatkan perkembangan kemampuan matematika pada anak usia dini. Desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik penilaian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan bahan alam sekitar meningkatkan kemampuan matematika anak didik. Bahan alam sebagai media pembelajaran mengembangkan kemampuan berfikir unt6uk memahami konsep matematika sederhana yaitu mengenal konsep bilangan, konsep jumlah media yang digunakan dan ukuran media.


Keywords


PAUD; Early Childhood Education

Full Text:

PDF
rticle

References


Agusta, I. (2014). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 02(1998), 1–11.

Aisyah Nur Eny, Iriyanto Tomas, Astuti Wuri, Y. E. (2019). Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p174

Ana, W. (2019). Jurnal Care Jcare. Jurnal CARE, 6(1), 37–46. https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 5(1), 46–63.

Cholifah. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Melalui Pembelajaran Berbasis Bahan Alam.

Dirjen, D. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.

Fajarwati, A. I. (2020). MEDIA BAHAN ALAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI PADA ANAK USIA DINI Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP Setiabudhi Rangkasbitung NATURAL MEDIA IN IMPROVING THE ABILITY TO CLASIFY OBJECTS. Ilmiah PTK PNF, 15(2), 117–126.

Fatmawati. (2009). BAB_III E Fatmawati. 2013. Pendidikan Dan Kebudayaan, 5, 27–42. file:///D:/SRI AGUSTINA/Wisuda thn 2020 , sidang tahap awal/wisuda 2020/1984.pdf

Fauziah, N. (2013). Penggunaan Media Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jiv, 8(1), 23–30. https://doi.org/10.21009/jiv.0801.4

Fina, S. (2017). Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Progam Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Hasanah, L. (2020). Pemanfaatan Media Bahan Alam Dalam Mengembangkan Rusniati Hasanah Latullah Kendari. 1–16.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Indriyani, L. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Bahan Ajar Dalam Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Tarbiyah Dan Keguruan, 53(9), 121.

Kartanata, A. (2018). Metodologi Penelitian. 2003. http://repository.unpas.ac.id/32967/5/BAB III.pdf

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (1st ed.). perdana. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Jurnal EFEKTOR, 26(1), 12–18.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. 54–68.

Mufidah, S., & Purwanti, E. (2020). PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK. 49–58.

Mussardo, G. (2019). Teori Kognitif. Statistical Field Theor, 53(9), 1689–1699.

Niamul, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Kolase dengan Menggunakan Media Bahan Alam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B di Raushatul Athfal Perwanda 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. In Skripsi. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura, 49–57. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/503

Paud, K. B., & Kota, J. (2015). Kurikulum dengan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Alam.

Sari Ratna Indah, Rumita Rorik Ria, R. T. (2020). Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Media Cetak. Primary (Kajian Ilmu Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 2, 53–58.

Sarifah, I. (2006). Strategi Pengembangan Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan -, 95–101.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suparno, P. (1967). Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12–39.

Syukron Al Mubarok, A. A., & Amini, A. (2019). Kemampuan Kognitif dalam Mengurutkan Angka melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.221

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355

Yunisari, D., & Amsal Amri, F. (2016). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di Sentra Bahan Alam Pada Paud Terpadu Dharma Wanita Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–18.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i1.60875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License