KESENJANGAN TINGKAT KUALITAS SARANA DAN PRASARANA PAUD SEBAGAI HAMBATAN DALAM PENDIRIAN PAUD DI INDONESIA

Anggita Nur Azizah, Azzahra Kharisma Paramitha, Betty Lestari Fatimah, Bintang Fortuna Prasetyo, Fadilla Nurrahma Puspita Dewi, Fagusta Renata Putri, Fitri Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kualitas sarana dan prasarana dalam pendirian PAUD di Indonesia sehingga dapat ditemukan penyebab dan solusi yang tepat untuk menangani masalah tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif melalui metode kajian pustaka atau studi literatur yang berfokus pada topik tersebut. Sumber data penelitian berasal dari buku, jurnal, dan artikel yang terkait secara induktif. Pengumpulan data dimulai dengan mencari referensi yang berkaitan, membaca bahan referensi artikel, membuat catatan penelitian, dan menyajikan berbagai informasi sesuai dengan topik penelitian. Selain itu, diperlukan juga pendekatan dengan teknik analisis serta pendekatan penalaran kritis. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan kualitas sarana dan prasarana dalam pendirian PAUD di Indonesia dari tahun sebelumnya, namun diperlukan usaha untuk lebih meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam menunjang pendirian PAUD sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Keywords


sarana dan prasarana; pendirian PAUD; Indonesia

Full Text:

PDF
rticle

References


Ardian, A. (2010). Perawatan dan Perbaikan Mesin. Kementrian Pendidikan Nasional Universitas Yogyakarta Teknik Mesin, (December), 1–77.

Suci, R. P., Suhermin, dan Triyonowati. (2017). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Sarana Penunjang Proses Pembelajaran Pada POS PAUD di Kelurahan Merjosari Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 52–65. Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/1555/1224

Khaerul, A. (2021). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 351–370. https://doi.org/10.30659/jspi.v4i2.19740

Munadi. (2013). Pengelolaan dan Penataan Arsip Aktif dan Inaktif Munadi Subbag Perencanaan Anggaran dan Keuangan , Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof.H.Sudarto, SH, Tembalang, Kotak Pos 6199/SMS Semarang 50061. Admisi Dan Bisnis, 14(01), 91–95.

Parid, M., & Alif, A. L. S. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 266–275. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3755

Rohiyatun, B., & Najwa, L. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Di Paud. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4082

Sri Rahayu, R. (2018). Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris Untuk Tujuan Bisnis Dan Pemasaran. 1(4), 149.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v4i2.60698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License