PROFIL KEMAMPUAN PENGUKURAN ANAK USIA 4-6 TAHUN

Khusnul Hayati Shiddiq, Warananingtyas Palupi, Nurul Kusuma Dewi

Abstract


Kemampuan pengukuran penting diberikan kepada anak sejak dini. Pengukuran berasal dari kata ukuran yang berarti hasil suatu bilangan yang menunjukkan suatu ukuran benda, seperti panjang, luas, lebar dan besar. Penelitian bertujuan mengetahui profil kemampuan pengukuran anak usia 4-6 tahun di TK Se Gugus Mangkunegaran Makamhaji. Subjek penelitian adalah anak usia 4-6 tahun yang berjumlah 146 anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner yang didasarkan pada indikator yaitu  (1) Menggunakan alat ukur tidak baku untuk mengukur panjang/pendek benda; (2) Menggunakan alat ukur tidak baku untuk mengukur berat/ringan benda; (3) Menggunakan alat ukur tidak baku untuk mengukur banyak/sedikit benda; (4) Mengukur benda berdasarkan ukuran jarak; (5) Mengukur benda berdasarkan ukuran beban; (6) Mengukur benda berdasarkan ukuran volume; (7) Membedakan ukuran panjang; (8) Membedakan ukuran beban; (9) Membedakan ukuran volume (isi). Teknik analasis data menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisis deskriptif dihitung presentase menggunakan microsoft excel 2010. Kemampuan pengukuran anak usia 4-6 tahun yang ditemukan di TK Se Gugus Mangkunegaran Makamhaji terdapat 45,8% anak kebingungan mengenal konsep panjang-pendek, berat-ringan dan banyak-sedikit sehingga anak belum memahami alasan benda tersebut dikatakan panjang, pendek, berat, ringan, banyak, sedikit. Selain itu, terdapat 40% anak belum bisa menggunakan alat ukur untuk mengukur benda.

Keywords


profil; pengukuran; anak usia 4-6 tahun

Full Text:

PDF
rticle

References


Bhargava, A & Kirova, A. (2002). Assesing the Development of Mathematical Concept in Preschool Children; Checklist for Teacher. Journal of Theaching and Learning, 2(1), hal 53-63.

Charleworth, Rosalind. (2005). Experience in math for young children, Fifth Edition: USA: Delmar Publishing Ltd

Charlesworth, Rosalind & Karen K.Lind.(1990). Math and sicence for young children.USA: Delmar Publishing Ltd.

Depdiknas. (2014). Permendikbud no 146 tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2014). Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas

Harjanto, B. (2011). Agar anak anda tidak takut pada matematika. Yogyakarta: Manika Books

Herowati, N.H. (2014). Peningkatan kemampuan pengukuran (measurement) melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada anak kelompok B TK Suryodiningratan. Yogyakarta: PG PAUD UNY

Kanginan, M. (1995). Fisika SMU edisi kedua jilid 1. Jakarta: Erlangga

KBBI. (2016). Kamus besar bahasa indonesia (kbbi). [Online] Diakses pada: http://kbbi.web.id/media. Diakses 30 Januari 2020

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: National Council of Teacher of Mathematics.

Outhred, L.N., & Mitchelmore, M.C. (2000).Young children’s intuitive understanding of rectangular areameasurement. Journal for Research in Mathematical Education, 31, 144-167.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan anak (Edisi ke-11 Jilid 2). Jakarta:Erlangga.

Schenke, K., Elizabeth, P., & Redmann. (2019). Does Measure Up: Measure up evalution of an ipad to teach preschollers measurment concepts. Retrieved from http://doi.org/1016/j.compedu.2019.103749.

Seefeldt, C., Wasik, B.A. (2006). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT Indeks.

Sudaryanti. (2006). Pengenalan matematika anak usia dini. Yogyakarta: UNY

Sujiono,Y.N. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Wahyudi, Retno D.D. (2005). Program Pendidikan Anak Usia Dini di Pra Sekolah Islam. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Yuliana, S. (2014). Peningkatan kemampuan pengukuran melalui problem solving pada anak kelompok B. Yogyakarta: PG Paud UNY




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.51040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License