TANTANGAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MASA PANDEMI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Fadhilla Anggraeni

Abstract


Saat masa pandemi Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan dimana institusi pendidikan harus melakukan pembelajaran moda dalam jaringan atau yang dikenal dengan sebutan daring. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dalam dunia PAUD hal ini menjadi tantangan besar bagi pendidik, yang dituntut harus tetap melaksanakan kewajiban dan memberikan pembelajaran yang maksimal dengan metode dan situasi belajar yang berbeda. Pendidik dituntut untuk kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang efisien dalam keterbatasan jarak dan lain hal. Selain pandemic, pendidik dihadapkan pada kemajuan Revolusi Industri 4.0, yang berarti pendidik harus memiliki keterampilan khusus dalam mengajar Anak Usia Dini. Artikel ini bertujuan untuk mereview kinerja guru selama masa pandemi dan tantangan revolusi industry 4.0. Penulisan artikel ini menggunakan Studi Literatur. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil review menunjukan bahwa para pendidik PAUD, telah menjalankan kebijakan pemerintah dengan berbagai cara. Para pendidik berusaha memanfaatkan berbagai platform dan juga bekerja sama dengan orang tua peserta didik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala seperti sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia. Mengingat keterbatasan yang ada, perlunya kemitraan dan dukungan dengan berbagai pihak terkait agar tantangan yang dihadapi pendidik bisa mendapatkan titik terang, karena pembelajaran harus berjalan dengan optimal dan perkembangan peserta didik dapat berjalan dengan baik

Keywords


Tantangan; Guru; PAUD; Pandemi; 4.0

Full Text:

PDF
rticle

References


Aji, W., Dewi, F., Kristen, U., & Wacana, S. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring. 2(1), 55–61.

Amini, & Ginting, N. (2020). Amini, “Otonomi Pendidikan di Masa Krisis Pandemi Covid-19 (Analisis Peran Kepala Sekolah).” Al-Muaddib; Jurnal Ilmu-IImu Sosial Dan Keislaman, 5(2), 305–314.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2021). Strategi Pembelajaran Physical Distancing PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. 5(2), 1536–1543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919

Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Abstrak. 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada PAUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Indrayana, B., Sadikin, A., Jambi, U., Jambi, P., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., Indonesia, P., Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan E-Learning Di Era Revolusi Industri 4 . 0 Untuk Menekan Penyebaran. 0(1), 46–55.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Kedua, L. K. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat COVID-19.

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid ‑ 19 : Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Mundia, K., & Heru, S. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Paud, D. L. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring. 04(2), 362–368.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Sartika, D. (2021). Islam Moderat antara Konsep dan Praksis di Indonesia. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(2), 183. https://doi.org/10.36667/tf.v14i2.532

Sciences, H. (2016). 済無No Title No Title No Title. 4(1), 1–23.

Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Sit, M., & Assingkily, M. S. (2021). Persepsi Guru tentang Social Pendidikan AUD Era New Normal Distancing pada. 5(2), 1009–1023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.756

Syabrina, M., Islam, P., Usia, A., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD / MI. 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Wahyono, P., & Husamah, H. (2020). Jurnal pendidikan profesi guru. 1(1), 51–65.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i2.50327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License