STUDI LITERATUR MENGENAI TEKNIK MODELING DALAM PROSES PENGUBAHAN PERILAKU ADIKTIF SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Sudah banyak anak usia dini yang menggunakan smartphone, padahal pada usia tersebut anak belum layak untuk menggunakan smartphone. Berdasarkan riset, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan smartphone pada anak. Kurangnya kontrol dari orang tua dan juga perkembangan mental anak belum berkembang secara optimal, menyebabkan terjadinya penyalahgunaan fungsi oleh konseli. Hasilnya, muncul dampak-dampak negatif pada perilakunya yang membuat konseli mengalami perubahan - perubahan sehingga membutuhkan bantuan konselor untuk proses perbaikan perilakunya Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menelaah teknik modeling dalam proses mengubah perilaku adiktif smartphone pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dengan menelaah berbagai sumber atau referensi terkait teknik modeling dalam proses pengubahan atau perbaikan perilaku adiktif smartphone pada anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwafi Ridho Subarkah. (2018). Teknik Modelling Sebagai Upaya Penanganan Untuk Mengurangi Perilaku Adiktif Smartphone Pada Anak Di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur., 151(2), 10–17.
Ariston, Y., & Frahasini, F. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86. https://doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675
Latipun. (2006). Psikologi Konseling.
M. Bian & Leung L., Linking Loneliness, Shyness. (2014). Smartphone Addiction and Pattern of Smartphone use to Capital. Social Science Computer Review, 17.
Media Indonesia. (2021). 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Kemenkominfo. https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Murdaningsih, D., & Faqih, M. (2016). Survei: Jutaan Anak Usia SD Kecanduan Gadget. http://www.republika.co.id/berita/tren dtek/gadget/14/01/17/mzjj2x-survei- jutaan-anak-usia-sd-kecanduan- gadget
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Purnama, D., Rahayu, M. S., & Khasanah, A. N. (2018). Kecanduan Smartphone dan Perilaku Agresif pada Anak Prasekolah. 641–647.
Rachmat, I. F., Hartati, S., & Erdawati. (2021). Pengaruh Kecanduan Gawai Terhadap Disregulasi Emosi Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Repita, L. E., Parmiti, D. P., & Tirtayani, L. A. (2016). Implementasi Teknik Modeling untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesh, 4(2), 1–12.
Rismawati, U. (2017). Penerapan teknik modeling untuk mengurangi keterlambatan masuk sekolah pada siswa (.
Shao-I Chiu. (2014). The Relationship between Life Stress and Smartphone. Computers In Human Behavior, 51.
Sudarsono. (1997). Kamus Konseling. Rineka Cipta.
Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1–65.
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i2.50284
Refbacks
Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License