PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Tasya Tsamara Dhida

Abstract


Adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan dibidang kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Pemerintah menetapkan kebijakan untuk melakukan pembelajaran secara daring di rumah untuk setiap jenjang pendidikan termasuk PAUD. Kondisi ini tentu mempengaruhi keadaan dan pencapaian aspek perkembangan anak, salah satu aspek yang paling mendapat banyak pengaruh adalah aspek perkembangan sosial emosional. Artikel ini dibuat untuk mengetahui pengaruh pembelajaran di PAUD selama masa pandemi Covid-19 dan penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur. Dari beberapa artikel yang ditemukan kemudian dilakukan penelaahan dan didapatkan hasil bahwa aspek sosial emosional anak menjadi aspek yang mengalami penurunan pencapaian. Untuk mengatasi permasalahan penurunan pencapaian aspek perkembangan sosial emosional anak usia dini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran video animasi. Media pembelajaran video animasi dikatakan mampu mengembangkan aspek sosial emosional anak karena dapat mempengaruhi sikap dan tingkah laku anak usia dini karena anak akan meniru tingkah laku serta perbuatan tokoh karakter yang memainkan peran dalam video animasi. Harapan dari penulis adalah guru dan orang tua dapat bekerja sama dalam menstimulasi perkembangan anak serta dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi untuk meningkatkan semangat anak belajar daring di rumah.


Keywords


perkembangan sosial emosional, anak usia dini, media pembelajaran video animasi, pembelajaran daring PAUD

Full Text:

PDF
rticle

References


H. Wulandari and E. Purwanta, “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 452, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.626.

H. Siregar, “Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Ra Al-Muttaqin 2017/2018,” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2017.

M. E. F. Aga, S. Samidi, and Y. Sujana, “Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B TK Merpati Pos Tahun Pelajaran 2013/2014,” Kumara Cendekia, vol. 2, no. 1, pp. 30–38, 2014.

S. Siswanto, “Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-hasil Penelitian (Sebuah Pengantar),” Bul. Penelit. Sist. Kesehat., vol. 13, no. 4 Okt, 2010.

G. Khan, K. S., Kunz, R., Kleijnen, J., & Antes, “Five steps to conducting a systematic review,” J. R. Soc. Med., vol. 96, no. 3, pp. 118–121, 2003.

U. Toseeb, A. Pickles, K. Durkin, N. Botting, and G. Conti-Ramsden, “Prosociality from early adolescence to young adulthood: A longitudinal study of individuals with a history of language impairment,” Res. Dev. Disabil., vol. 62, pp. 148–159, 2017, doi: https://doi.org/10.1016/j.ridd.2017.01.018.

M. Alifa and S. Salwiah, “Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Kolase Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga Kelurahan Tanganpada Kota Baubau,” Lentera Anak, vol. 1, no. 2, pp. 78–84, 2020.

N. Hasanah and R. Drupadi, “Perilaku Prososial Anak selama Pandemi Covid-19,” BUANA Gend. J. Stud. Gend. dan Anak, vol. 5, no. 2, pp. 97–107, 2020.

M. Rahmi, “Penguatan Peran Keluarga Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Kreat. J. Ilm. Pendidik. Islam, vol. 9, no. 1, pp. 81–105, 2020.

I. Sofiyanti, R. Adawiyah, M. A. Pratiwi, N. A. Wardani, I. T. Rezeki, and Y. Yulianti, “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di Masa Pandemi,” CALL Pap. Semin. Nas. KEBIDANAN, vol. 1, no. 1, pp. 26–34, 2020.

W. S. Kusuma and P. Sutapa, “Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1635–1643, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.940.

S. Norkhalifah, “Pengaruh Pembatasan Interaksi Sosial Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Usia Dini,” pp. 1–4, 2021.

C. A. Sari, E. H. Rachmawanto, and D. R. I. M. Setiadi, “Peningkatan Model Pembelajaran Pengenalan Binatang Melalui Video Animasi,” Abdimasku J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 57–62, 2020, doi: 10.33633/ja.v3i2.95.

W. E. Hardiyanti, M. Ilham, W. Ekadayanti, and J. Jafarudin, “Pelatihan Pembuatan Video Animasi Gambar ‘Powtoon’ bagi Guru PAUD,” Abdimas Pedagog. J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 78–86, 2020.

M. Melyani, “Penggunaan Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.50182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License