KONTRIBUSI PROJECT BASED LEARNING TERHADAP STIMULASI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Putri Agustina

Abstract


Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda satu sama lain, termasuk di dalamnya adalah kreativitas. Teori Bloom mengatakan bahwa dalam aspek perkembangan kognitif, kreativitas merupakan kemampuan yang tertinggi. Anak belajar dan memperoleh pengetahuannya dari pengalaman yang didapatkan melalui setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak. Dalam pengembangan kreativitas anak, diperlukan stimulasi melalui kegiatan yang bermakna untuk anak, yakni kegiatan yang dapat merangsang kemampuan perkembangan anak. Kreativitas anak akan terstimulasi melalui kegiatan yang memberi kesempatan dan kebebasan anak dalam mengeskpresikan ide atau menciptakan sesuatu. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan yaitu dengan dilakukannya kajian terhadap jurnal dan buku sebagai sumber referensi. Hasil analisis studi teoritis menunjukkan bahwa melalui kegiatan Project Based Learning dapat membantu merangsang pengembangan kreativitas pada anak usia dini. Melalui kegiatan Project Based Learning, anak diberi kesempatan dan kebebasan dalam menuangkan gagasan atau ide dalam memecahkan masalah dan menyelesaikan tugas yang diberikan berbekal pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki anak serta fasilitas yang disediakan oleh guru atau orangtua. Kreativitas pada anak adalah sesuatu yang tidak terbatas dan tidak terdapat konsep benar atau salah, karena setiap anak memiliki cara dan pemikiran masing-masing dalam menuangkan gagasan, mengekspresikan sesuatu, serta menciptakan suatu hasil karya.

Keywords


Project Based Learning, Kreativitas, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Dewi, I. A., Suarni, N. K., & Magta, M. (2015). PENERAPAN METODE PROYEK MELALUI KEGIATAN 3M UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Arslan, A. A. (2014). A Study into the Effects of Art Education on Children at the Socialisation Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 4114–4118. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.900

Permendikbud. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 137. , Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia § (2014).

Alayinda, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI METODE PROYEK DI PAUD AISYIYAH BUSTHANUL ATFHAL 3 PONTIANAK TENGGARA

Jumroh, & Istiarini, R. (2017). Upaya Meningkatkan Kreativitas Melalui Metode Proyek Usia 5 - 6 Tahun Di TK Nurul Insan Kabupaten Tangerang. Jurnal Ceria, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tangerang, 6(1), 48–63.

Widhiasih, A. P., & Astuti, A. (2021). Analisa Metode Proyek Terhadap Kreativitas Anak di Masa Karantina Covid 19. Jurnal Ceria, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tangerang, 13(2), 32–39.

Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 212–220.

Hardiyanti, W. D. (2020). Jurnal Pendidikan Anak , Volume 9 ( 2 ), 2020 , 134-139 Aplikasi bermain berdasarkan kegiatan seni lukis untuk stimulasi kreativitas anak usia 5-6 tahun. 9(2), 134–139.

Tuğrul, B., Uysal, H., Güneş, G., & Okutan, N. Ş. (2014). Picture of the Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3096–3100. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.714

Maulana, I., & Mayar, F. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 1141–1149.

Mokaram, A.-A. K., Al-Shabatat, A. M., Fong, S. F., & Andaleeb, A. A. (2011). Enhancing Creative Thinking through Designing Electronic Slides. International Education Studies, 4(1), 39–43. https://doi.org/10.5539/ies.v4n1p39

Husna, A., Cahyono, E., & Fianti. (2019). The Effect of Project Based Learning Model Aided Scratch Media Toward Learning Outcomes and Creativity. Journal of Innovative Science Education, 8(1), 1–7.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.50153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License