IMPLEMENTASI PROGRAM PARENTING DI TK LAB-SCHOOL UN PGRI KEDIRI DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh lembaga PAUD TK Labschool UN PGRI Kediri adalah bagaimana mengimplementasikan rancangan program parenting di saat pandemi dimana ada keterbatasan kegiatan dalam semua bidang termasuk pendidikan. Sementara kegiatan parenting memiliki manfaat yang bermakna untuk media terjalinya komunikasi dan penyelarasan kegiatan sekolah dan apa yang diajarkan orang tua di rumah. Solusi pemecahan dari maslahan dirancang sebuah kegiatan berbasis parenting virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting mengundang narasumber dan kegiatan dibuka untuk umum. Tema yang diangkat disesuaikan dengan kondisi terkini dan peserta terdaftar 35 orang tua wali murid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden wali murid peserta dan mengisi angket/kuesioner diperoleh 18 responden dan yang lain melengkapi data dengan wawancara saat kegiatan berlangsung. Teknik analisis data dengan analisis deskriftif kualitatif mengedepankan fenomena sosial berdasar karakteristik resonden yang diteliti ditambahkan kajian pustaka agar diperoleh kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukan akan kebutuhan program parenting dan masih dibutuhkan lembaga PAUD dibuka saat pandemi Covid-19 karena menjadi kebutuhan orang tua anak usia dini dalam berkolaborasi terkait pengoptimalan tumbuh kembang anak. Implementasi lanjutan rencana kegiatan parenting selanjutnya perlu kembali mengkaji tema-tem arelevan dan sebaiknya melibatkan orang tua wali murid agar selaras komunikasi efektif dalam menjalankan pendidikan anak usia dini berkualitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Raudhoh. (2017). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. II (1), pp; 83-108.
Suksma. P.U., Dewi. C., & Khotimah. H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dimasa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi 2020. 20 Oktober 2020. Fakultas Teknologi Informasi-UNMER Malang, pp; 2433-2441.
Yulianto, D., Lestariningrum, A, & Utomo, H.B. (2016). Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol.10 (2), pp; 277-294.
Lestariningrum., A., Wijaya. I.P., Iswantiningtyas. V., & Lailiyah. N. (2020). Implementasi Kolaborasi guru Dan Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. Web-Seminar Nasional (Webinar) Pendidikan “Kebijakan Pendidikan Nasional; Pendidikan Non-Formal dan PAUD”, FIP-Universitas Negeri Malang. 13 Juni 2020, ISBN: 978-602-5445-10-1, pp; 177-184.
Ningsih. F.D., Nasirun, N, & Yulidesni. (2018). Pelaksanaan Program Parenting Di Lembaga PAUD Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol.3 (1), pp; 44-49.
Setijaningsih. T., & Martiningsih. W. (2014). Pengaruh program Parenting Terhadap Pengetahuan dan Sikap Orang Tua dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ners dan Kebidanan, Vol.1 92) Juli 2014, pp; 122-128.
Ariyati. T. (2016). Parenting Di PAUD Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Khasanah Pendidikan. Jurnal Ilmiah kependidikan, Vol. IX (2), pp; 1-7.
Fahruddin, Nilawati. B., & Astini. (2018). Pelatihan Program Parenting untuk Meningkatkan Profesionalisme PAUD Di Kota Mataram Tahun 2018. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2018, 91) 1, pp; 37-44.
Jazariyah, (2016). Urgensi Program Parenting dalam Implementasi PAUD Inklusif. Proceeding of the 1” Annual Internasional Conference on Islamic Early Childhood Education. Vol 1, Desember 2016, pp; 41-48.
Masitoh., & MS. Zulaela. (2020). Kendala Orang Tua Dalam mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. As-Sibyan, Jurnal Pendidikan Anak usia Dini, Vol. 5 (2) Desember 2020, pp; 119-128.
The Conversation. (2020). Survei: Beban Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Lebih banyak Ibu Ketimbang Ayah. September 2020. https://theconversation.com/survei-beban-pendampingan-belajar-anak-selama-pandemi-lebih-banyak-ke-ibu-ketimbang-ayah-143538. Diakses 12 Februari 2021.
Citra., Andayani., M.E.,& Arthani Yogi., N. G. (2020). Peranan Ibu Sebagai Pendampingan Belajar Via Daring Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan perempuan/Ibu dalam Pemberdayaan remaja di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Mahaswati Denpasar, pp; 71-79. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1243/1055. Diakses 12 Februari 2021.
Ardini. Pupung. P. (2015). Penerapan Hukuman, Bias Antara Upaya Menanamkan Disiplin Dengan Melakukan Kekerasan Terhadap Anak. Jurnal pendidikan Usia Dini, Vol 9 (2) November 2015, pp; 251-266
Lusianty, M. Marmawi. R. & Miranda. D. (2019). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Perilaku Sopan. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Khatulistiwa. Vol.8 (10). pp; 1-10
Prasanti, D. & Fitriani., D.R. (2018). Building Effective Communication Between Teachers and Early Children in PAUD Institutions. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 2 Issue (2), pp; 262-269.
Ariyanti., S.V., D.H. Prasetyawati. W.,& Khasanah. I. (2019). Analisis Komunikasi orang Tua dan Anak Dalam Membangun Sikap Percaya Diri Anak usia 3-4 Tahun. Studi Deskriptif Pada Anak Usia Dini Di Pos PAUD Kartini Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. 7 (2); pp; 32-43.
Ruang Guru PAUD.(2020). Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (2020). 42 Buku Panduan PAUD Diterbitkan Untuk Dampingi Guru dan Orang Tua Selama BDR. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20200909200344/42-Buku-Panduan-PAUD-Diterbitkan-Untuk-Dampingi-Guru-dan-Orang-Tua-Selama-BDR. Diakses 12 Februari 2021.
Klikdokter.com, Jakarta. (2020). Pentingnya Mengajarkan Anak Meminta Maaf Sejak Dini. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3630852/pentingnya-mengajarkan-anak-meminta-maaf-sejak-dini . Diakses 12 Februari 2021.
Kompas. Com. (2020). Perlukah Daftar PAUD Saat Pandemi ? cari Tahu Di Kelas Orangtua Berbagi. https://www.kompas.com/edu/read/2020/07/12/145323871/perlukah-daftar-paud-saat-pandemi-cari-tahu-di-kelas-orangtua-berbagi. Diakses 12 Februari 2021.
Lestariningrum. A., & Utomo., H.B. (2015). Program Parenting Untuk Membangun generasi Berkarakter Pada Anak Usia dini. Proceeding Seminar Nasional Positive Psychology, 2015. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, pp; 553-563
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i1.48511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Early Childhood Education and Development Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License