MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN ANAK 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN KARTU HARTA KARUN

Karin Anshella Putri Kristanto, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun melalui bermain kartu harta karun. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart, yang mencakup perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek penelitian yakni anak usia 5-6 tahun TK Putra VI Surakarta dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara klasikal ketuntasan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun sebersar 51% pada pra siklus, meningkat menjadi 73% pada siklus I, dan menjadi 82% pada siklus II. Indikator mengidentifikasi huruf vokal dari 36% menjadi 60% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 81%. Indikator mengidentifikasi huruf konsonan dari 63% meningkat menjadi 77% pada siklus I, dan meningkat menjadi 86% pada siklus II. Indikator membaca kata dari 42% menjadi 69% pada siklus I, kemudian meningkat 82% pada siklus II. Indikator membaca buku cerita bergambar dari 37% menjadi 73% pada siklus I, dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Kesimpulan dari penelitian permainan kartu harta karun dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.

Keywords

membaca permulaan; bermain; kartu harta karun; anak usia dini; literasi awal

Full Text:

PDF

References

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan penggunaan media kartu huruf dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958

Etnawati, S. (2021). Teori Vygotsky Tentang Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2). https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada pelajaran bahasa indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 165-169).

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., ... & Hartono, R. (2021). Perkembangan peserta didik. Vol 2 No 01 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisipliner

Mardhotillah, H., & Rakimahwati, R. (2021). Pengembangan Game Interaktif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 779-792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1361

Meilina, N. P. R., Cahaya, I. M. E., & Lestari, P. I. (2023). Model Pembelajaran Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABCD School. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 6(1), 36-47. https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.29126

Partono, S., Mohammad, K., Memed, S. S., & Al, B. (2021). Improving reading ability in early childhood through flashcards media: A case study in PAUD Al-Hikmah Graha Lestari - Citra Raya

Pratiwi, K. W., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 33-38. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33574

Purwati, P. (2021). Penggunaan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini kelompok B. Jurnal Warna, 5(2), 1-7. https://doi.org/10.52802/warna.v5i2.823

Sahertian, C. (2021). Teknik Merancang Penelitian Tindakan Kelas (1st ed.). Literasi Nusantara.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198-206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Sari, A. T., & Praheto, B. E. (2023). Pengembangan media peta harta karun untuk pembelajaran membaca pemulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Serut Baru Gunungkidul. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(3), 241-250. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i3.14555

Siswosuharjo, P., Khaerudin, M., Setiawan, M. S., & Bahra, A. (2021). Improving Reading Ability In Early Childhood Through Flashcards Media (A Case Study In Paud Al- Hikmah Graha Lestari-Citra Raya Tangerang). Int. J. of Aquatic Science, 12(3), 2320- 2331.

Udju, A. A. H., Hawali, R. F., Amseke, F. V., Radja, P. L., & Lobo, R. (2022). Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6723-6731. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2532

Utomo, S. P. (2020). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap kemampuan berbahasa anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-96. https://doi.org/10.21009/1.09205

Yasir, C., Rasmani, U. E. E., & Dewi, N. K. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jaten. Kumara Cendekia, 9(2), 124-130. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294

Yolandini, B., Nurjanah, T., Justicia, R., & Sugiharti, E. (2022). Penggunaan Flashcard Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Pramembaca lancar anak usia dini. Research in Early Childhood Education and Parenting, 3(2). https://doi.org/10.17509/recep.v3i2.51859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.