PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN ESTAFET

Muhammad Ixseas Vriegde, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas permainan estafet dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5–6 tahun. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya capaian anak dalam mengenal bentuk dasar, di mana sebagian besar masih menggunakan istilah nonbaku dan mengalami kesulitan mencocokkan bentuk dengan benda konkret. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus, melibatkan 13 anak kelompok B di TK NDM Gambuhan Baluwarti, Surakarta. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan triangulasi teknik serta sumber. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan: ketuntasan klasikal meningkat dari 0% pada pratindakan menjadi 31% pada siklus I, dan mencapai 92% pada siklus II. Peningkatan ini memperlihatkan bahwa permainan estafet mampu menjembatani pemahaman abstrak anak tentang geometri melalui pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa integrasi aktivitas fisik dengan stimulasi kognitif merupakan strategi efektif untuk pembelajaran PAUD serta dapat direkomendasikan sebagai alternatif metode inovatif yang mudah diterapkan guru dalam pengenalan konsep dasar matematika.

Keywords

Bentuk Geometri ; Permainan Estafet ; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Aprilianti, R. (2020). Permainan puzzle estafet dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menyimak pada anak usia 5–6 tahun di TK Ulul Albab Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang. ŚALIḤA: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 3(1), 144–166. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i1.74

Botutihe, H., & Pratiwi, W. (2020). Meningkatkan keterampilan kerjasama anak melalui permainan estafet gelang karet pada anak di Kelompok B TK Kartika XXI-17 Kota Tengah Kota Gorontalo. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i2.199

Cania, S., Novianti, R., & Chairilsyah, D. (2020). Pengaruh media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.54

Fitriana, N., Wijayanti, A., & Tanto, O. D. (2023). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan estafet bola bambu pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Sumengko Kwadungan Ngawi. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.22515/abna.v4i1.6533

Hasni, U., & Amanda, R. S. (2022). Pengembangan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan geometri anak usia 5–6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13537

Khobir. (2013). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://e-journal.stainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/262

Lestari, K. W. (2011). Konsep matematika untuk anak usia dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. https://repositori.kemdikbud.go.id/575/

Megawati, T., & Komala, K. (2020). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui olahraga lari estafet pada anak usia dini kelompok B di TK Al-Ghuroba. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 126–136. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3517

Ramadhini, F., & Mahdi, N. I. (2020). Peningkatan pemahaman bentuk geometri anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan (Art and Craft). Forum Paedagogik, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i1.2597

Susanto, N. (2017). Hakikat dan signifikansi permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2022). Permainan estafet untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5–6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Tretyakova, V. D. (2023). Walking and running in context of their impact on brain health and cognitive function. Personality in a Changing World: Health, Adaptation, Development, 11(3), 277–296. https://doi.org/10.23888/humJ2023113277-296

Umami, A., Kurniah, N., & Delrefi, D. (2018). Peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan estafet. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.33369/jip.1.1.15-20

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode permainan edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab. Shaut al Arabiyyah, 7(1), 31–43. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Yulianti, R., Solfiah, Y., & Chairilsyah, D. (2020). Analisis kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5–6 tahun di TK Cahaya Intan Kecamatan Pujud Rokan Hilir. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 16–28. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.