MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENI RUPA 2 DIMENSI
Abstract
Kemampuan motorik halus merupakan gerakan yang melibatkan bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui aktivitas seni rupa dua dimensi. Indikator yang diamati meliputi gerakan manipulatif, koordinasi mata dan tangan, serta kelenturan pergelangan tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan subjek sebanyak 22 anak. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik, sementara analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak di setiap siklus. Pada tahap pratindakan, ketuntasan gerakan manipulatif sebesar 11%, koordinasi mata dan tangan 13%, dan kelenturan pergelangan tangan 9%. Pada siklus I, ketuntasan mencapai 27% (6 anak), siklus II meningkat menjadi 68% (15 anak), dan siklus III mencapai 90% (20 anak) pada setiap indikator. Dengan demikian, kegiatan seni rupa dua dimensi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, D., & Rakimahwati, R. (2023). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Menggunakan Media Berbasis Alam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, (2), 1910–1922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4243
Dewi, S. (2018). Stimulasi motorik halus usia 4-5 tahun melalui kegiatan senirupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195.
Fajarwati, A., Setiawati, E., & Yusdiana, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Seni Rupa Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(1), 15. https://doi.org/10.18592/jea.v8i1.6552
Fitriyah, Q. F., Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, S., & ‘Aziz, H. (2021). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719–727. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.789
Herfina, Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Kolase Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Sabillyrosyad Totoharjo Bakauheni Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Krisna, A. (2022). Pengaruh Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Kumara Canthi Singaraja. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49-58.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). Unidad 2 Lecturas The Action Research Planner. 1–16.
Laely, K., & Subiyanto, S. (2020). Cooking Class Berbasis Kearifan Lokal Meningkatkan Motorik Halus Anak di Daerah Miskin. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 923. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.466
Magfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Mahfud, I., & Yuliandra, R. (2020). Pengembangan Model Gerak Dasar Keterampilan Motorik Untuk Kelompok Usia 6-8 Tahun Universitas Teknokrat Indonesia . 2 Universitas Teknokrat Indonesia Abstrak Pendahuluan Perkembangan motorik sangat penting dalam tahapan perkembangan anak . Penguasaan bent. Jurnal Sport-Mu Pendidikan Olahraga UM Jember, 1(1), 54–66.
Marcelina, L., Desyandri, & Mayar, F. (2023). Teori Menempel Pada Seni Rupa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2753–2765. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1003
Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana
Ningsih, E. P. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Gemilang, 1(1). https://doi.org/10.62872/cd472863
Nuriyah, S., Isah, S., & Perdana, F. (2024). Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Seni Lukis pada Anak Usia Dini di RA At Thoyyibah Karangtengah Kabupaten Pemalang. Sinau, 665–674. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/index
Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B. D. A. (2020). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK At-Taqwa. September 2017. https://doi.org/10.31311/.v5i2.2628
Pangesti, N. P., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2019). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book. Kumara Cendekia, 7(4), 381. https://doi.org/10.20961/kc.v7i4.35022
Pratama, B., & Sari, D. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Seni Rupa: Implementasi di Kelompok Bermain Mawar Indah. Tiflun: Jurnal Pendidikan Anak …, 1(1), 5–8. https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/tiflun/article/view/77
Primayana, H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. PURWADITA: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Putri, R. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan kolase bahan bekas studi literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314-322.
Rumara, P. A. C., Sudaryanti, S., & Harun, H. (2023). Analisis Persepsi Guru PAUD terhadap Koordinasi Mata dan Tangan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4554–4564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5044
Sari, E. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang Iv Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1689–1699.
Sari, T. R. K., Sulistiyani, S., & Sulastri, S. (2023). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Melukis Dengan Jari di TK Nikita PTPN V Bukit Selasih. Jurnal Pendidikan Tuntas, 1(4), 557–562. https://doi.org/10.37985/jpt.v1i4.327
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta Bandung (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Telaumbanua, K., & Bu’ulolo, B. (2024). Manfaat Seni Rupa dalam Merangsang Kreativitas Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 123–135. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i4.920
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
ULFA, A. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan
(Kajian Jurnal Piaud. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027%0Ahttps://www.golder.com/insights/block-caving-a-viable-alternative/%0A
Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampun Motorik Halus Anak Kelompok B Di Tk Asyiyah Bustanul Athfal Iv Kota Jambi. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 226–235.Refbacks
- There are currently no refbacks.