PENGGUNAAN GAME MARBEL KEBIASAAN BAIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 4 – 5 TAHUN

Faridah Auliya 'Afifah, Upik Elok Endang Rasmani

Abstract

Kemandrian merupakan salah satu aspek sosial emosional yang mengalami perkembangan. Kemandirian membentuk anak berperilaku berperilaku mandiri tanpa bergantung pada orang lain, memiliki rasa inisiatif, mampu menentukan pilihan, bertanggung jawab, dan dapat mengatasi masalah. Faktanya, tidak semua anak memiliki kemandirian yang berkembang secara optimal. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemandirian menggunakan permainan marbel kebiasaan baik pada anak usia 4 – 5 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan berupa triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian pada anak menggunakan kebiasaan permainan marbel dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata dari pra tindakan sampai dengan siklus 3 semakin meningkat, diantaranya 1) terdapat 100% anak mampu menjaga kebersihan diri sendiri, 2) terdapat 75% anak yang membuang sampah pada tempatnya, 3) terdapat 75% anak yang mengembalikan mainan pada tempatnya setelah digunakan, 4) terdapat 86,11% anak yang mampu makan sendiri, dan 5) terdapat 83,33% anak yang mampu mandi, BAK, dan BAB dengan bantuan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan marbel kebiasaan baik dapat meningkatkan kemandirian pada anak usia 4 – 5 tahun.

Keywords

kemandirian; game marbel; kebiasaan baik; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Ali, Mohammad dan Asrori, M. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya Offset.

David Triatna, & Khamim Zarkasih Putro. (2024). Strategi Profesionalisme Guru PAUD Abad 21 dalam Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 124–139. https://doi.org/10.33367/piaud.v4i2.5283

Fadilah, M., Wahab, R., & Ayriza, Y. (2020). Understanding the experience of early childhood education teachers in teaching and training student independence at school. Qualitative Report, 25(6), 1461–1472. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2020.4163

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020

Hidayatulloh, S., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2020). Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 199–206. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p199

Ikun, M., Pareira, R. D., & Atal, N. H. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–42.

Kroeger, K.A., & Sorensen-Burnworth, R. (2009). Toilet Training Individuals with Autism and Other Developmental Disabilities: A Critical Review. Research in Autism Spectrum Disorders, 3(3), 607 – 618. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2009.01.005

Malik, L. R., Kartika, A. D. A., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 97–109. https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2919

Mendri, N. K., & Badi’ah, A. (2019). Penggunaan Buku Saku Toilet Training dan Potty Chair sebagai Upaya meningkatkan Kesiapan Toilet Training pada Anak Toddler (1 – 3 Tahun) di PAUD. Husada Mandiri

Norma, G. T., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735–2744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032

Putri, V. (2024). Marbel sebagai Solusi Edukasi Interaktif bagi Anak Usia Dini. Educa Studio.

Putu, N., Pratama Dewi, A., Agung, A., & Agung, G. (2021). Game Education Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149–157.

Rahmi, Mutia., Elan., & Rahman, T. (2023). Perkembangan Kemandirian Anak Usia (5-6 Tahun) Di TK IT Al Amin Saguling Panjang Kawalu Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(4), 407–412.

Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia Interaktif PAUD dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5397–5405. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2962

Rizky, Mufidah, D., & Mariadini, M. F. (2022). Efektivitas Tangible Game dalam Pembelajaran Operasi Hitung pada Anak Usia Dini. Journal Smart PAUD, 5(1), 22–28.

Rohimah, S., Sofia, A., & Pradini, S. (2019). Hubungan Pola Asuh Otoritatif terhadap Kemandirian Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak.

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Setiawan, A., & Praherdhiono, H. (2019). PENGGUNAAN GAME EDUKASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI Article History. JINOTEP, 6(1), 39–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index

Toh, W., & Kirschner, D. (2023). Developing social-emotional concepts for learning with video games. Computers and Education, 194. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104708

Wahab, M., & Ayriza, R. (2020). Understanding the Experience of Early Childhood Education Teachers in Teaching and Training Student Independence at School. In The Qualitative Report (Vol. 25, Issue 6). https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol25/iss6/3

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Warsita, B. (2017). Peran Dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Kwangsan, 5(2), 14. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v5i2.42

Windisari, D., Dalimunthe, A, H., & Rahmawati, S. (2019). Pengembangan Sistem Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Aplikasi Mobile. Jurnal Rekayasa Elektro Sriwijaya, 1(1), 19 – 29.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.