PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PICTORIAL ACCOUNTING BOWLING BALL

Donna Putri Setyaningsih, Warananingtyas Palupi, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil studi mengenai peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B melalui kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball. Tujuan diselenggarakannya penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan mengenai cara meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball. Subjek penelitian ini yakni anak kelompok B TK Al-Islam 4 Surakarta sejumlah 17 anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemis MC Targgart. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 tindakan. Hasil penelitian ini berupa aktivitas dari siklus I dan siklus II menunjukan aktivitas anak dalam kemampuan berhitung permulaannya yang terus meningkat melalui kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball. Hasil analisis data kualitatif yang telah diperoleh kemudian diolah menjadi data kuantitatif untuk menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak. Pencapaian penilaian pada anak setiap siklusnya yakni pada pratindakan terdapat 6 anak tuntas (35,5%) dan 11 anak (64,7%) anak belum tuntas. Siklus I terdapat 7 anak (41,2%) tuntas dan 10 anak (58,8%) belum tuntas sedangkan pada siklus II 14 anak (82,4%) tuntas dan 3 anak (17,6%) belum tuntas. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball.

Keywords

berhitung permulaan; bermain; berhitung bergambar; bowling boll; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Astuti, R. D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire. Inovatif, 4(2), 92–114.

Fara, F., Wondal, R., & Mahmud, N. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Ilmiah Ca dalam setiap siklus dimana pada siklus I 10 anak atau 58,8% tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 14 anak atau 82,4% tuntas. Sehingga dapat diartikan bahwa kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.haya Paud, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2036

Ira Zulkifli, T. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Kotak Matematika Di Tk Reina Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jurnal Tunas Cendekia, 3(1), 113–121.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4- 5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., Maslacha, H., & Ardiyanto, D., … Romadhana, S. (2020). Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan Penelitian Pengembangan. (Issue January).

Nurhidayah, W., & Astari, T. (2019). Permainan Bakbelin Untuk Meningkatan Kemampuan Berhitung P dalam setiap siklus dimana pada siklus I 10 anak atau 58,8% tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 14 anak atau 82,4% tuntas. Sehingga dapat diartikan bahwa kegiatan bermain pictorial accounting bowling ball dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.ermulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal An-Nuur, Subang-Jawa Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.24853/yby.3.2.133-147

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Trihartoto, A. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar. International Journal of Elementary Education, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.