PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh project based learning berbasis kearifan lokal terhadap peningkatan perkembangan kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian pre-eksperimental, dengan menggunakan desain penelitian pretest post-test one group design. Penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dilaksanakan sebanyak tujuh pertemuan. Pengukuran tingkat kemampuan berpikir kritis anak menggunakan metode tes yang terdiri dari tes unjuk kerja dan tes lisan. Partisipan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (N=23) di TK Cahaya Umat Karanganon Klaten. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan uji sampel paired t-test untuk mengetahui pengaruh project based learning berbasis kearifan lokal. Hasil dari pengolahan data menunjukkan nilai signifikansinya 0,00 yang artinya penerapan project based learning berbasis kearifan lokal dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Kemampuan berpikir kritis pada anak ditandai dengan anak mampu mengenal perbedaan ukuran benda, mengurutkan benda berdasarkan ukuran, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna dan bentuk, mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama, menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki, membedakan sifat dua benda, memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari- hari, mengkritisi sesuatu dan memutuskan untuk menyetujui atau menolak pendapat orang lain.
Keywords
References
Amelia, N., Aisya, N., Ilmu, S. T., Al- Hikmah, T., Tinggi, T., Tinggi, S., & Al-Hikmah, I. T. (2017.). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. http://jurnal.iainpadangsidimpua n.ac.id/index.php/alathfal/index
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565.
https://doi.org/10.31004/obsesi. v5i2.898
Annafi, N., Agustina Pendidikan Kimia STKIP Bima Jl Tendean, S., Bima, K., & Tenggara Barat, N. (2018). Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat pISSN (Vol. 9, Issue 1).
Arsini, N. W., Ketut, N., Kusuma, S., Sutriyanti, N. K., Hindu, U., Gusti, N. I., Sugriwa, B., Kumara, K. J., Gianyar, K., Jambe, T. K., Kabupaten, K., Pendidikan, N., Hindu, K., & Dini, A. U. (2020). Internalisasi nilai pendidikan karakter hindu. 5(2), 95–111.
Febriyanti Nugroho, W., & Anugerahwati, M.(2019). Project-Based Learning: Enhancing EFL Students’ Speaking Skill through Vlog.http://journal.um.ac.id/index.ph p/jptpp/
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. 2017. Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101-116.. http://www.eiji.net/dosyalarc/iji_2017_1_7.pdf
Handayani, A., & Sinaga, S. I. (2022). Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini.
Journal of Early Childhood Education, 5(3). https://doi.org/10.31849/paud- lectura.v%vi%i.10670
Hayati, Miratul, and Ahmad Syaikhu. 2020. “Project-Based Learning in Media Learning Material Development for Early Childhood Education”. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 6 (2):147-60.https://doi.org/10.14421/al- athfal.2020.62-05.
Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari,
P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). 04(1), 30–41.
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Listyowati, A. (2018). Perkuliahan Berbasis Literasi Pada Mata Kuliah Kreativitas Dan Keberbakatan Di Angkatan 2016 Pg Paud Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 14(25 SE-), 14–20.
https://doi.org/10.36456/bp.vol14. no25.a1468
Reswari, A.(2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Childhood Education), 5(1), 1–10. http://journalfai.unisla.ac.id/ind ex.php/JCE
Rumi, E., Keguruan, F., & Pedndidikan, I. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Menggunakan Problem Solving Efforts To Improve Learning Outcomes And Critical Thinking Using Problem Solving.
Sifa. (2020). Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Berpikir Kritis. Jurnal Cakrawaa dini https://ejournal.upi.edu/index.p hp/cakrawaladini.
Suhartoyo, Sitti Ainun Wailissa , Saika Jalarwati, Samsia, Surya Wati, Nur Qomariah, Elly Dayanti, Imas Maulani, Imam Mukhlish, Muhammad Holqi Rizki Azhari, Hidayatulloh Muhammad Isa, Ilham Maulana Amin Pembelajaran, J., & Masyarakat, P. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar (Vol. 1, Issue 3).
Yunita, H., Meilanie, S., & Fahrurrozi, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). Https://Doi.Org/10.31004/Obses i.V3i2.228
Refbacks
- There are currently no refbacks.