PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK
Abstract
Kemajuan arus globalisasi menyebabkan ruang dan waktu menjadi tidak terbatas, berkontribusi besar dalam perkembangan teknologi dan memberikan pengaruh pada pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran bahasa yaitu keterampilan berkomunikasi dan penguasaan terhadap bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh metode jolly phonics terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berusia 5-6 tahun (N=16). Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain one group pretest-posttest design dimana partisipan mendapatkan dua kali pengukuran, sebelum diberi perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest). Uji hipotesis dengan paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi (ρ) sebesar 0,000 berarti nilai korelasi antar variabel kuat dan positif, dengan demikian H₁ diterima yaitu terdapat pengaruh metode jolly phonics terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak Kelompok B. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris pada penguasaan kosakata tentang buah, bunga dan sayur dengan metode jolly phonics memberikan pengalaman bermakna melalui kegiatan multisensoris. Bentuk pengaruh metode jolly phonics terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris ditunjukkan dengan peningkatan penguasaan kosakata anak setelah diberikan perlakuan sebesar 3,75 %, mencakup kemampuan mengekspresikan bahasa Inggris, pemahaman terhadap kosakata bahasa Inggris, pengetahuan simbol dan bunyi huruf dan kemampuan menunjukkan keaksaraan awal dalam bahasa Inggris.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad, Evi Chalamah, and Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Pertama. Semarang: Sultan Agung Press.
Ariati, Ni Putu Pebri, Ni Nyoman Padmadewi, and I. Wayan Suarnajaya. 2018. “Jolly Phonics : Effective Strategy Enhancing Children English Literacy.” 00032.
Astari, T. Y. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini.
Brich B. 2007. “English L2 Reading Getting to the Bottom.”
Cameron, Lynne. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.
Firdaus, Muthiara, and Elise Muryanti. 2020. “Games Edukasi Bahasa Inggris Untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2):1216–27.
Hafidah, Ruli, and Nurul Kusuma Dewi. 2019. “Metode TPR (Total Physical Response) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019.
Imaniah, Ikhfi, and Nargis Nargis. 2018. Teaching English for Young Learners Teaaching English for Young Learners © 2017.
Iskawedar, Yulia, and Warananingtyas Palupi. 2016. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Role Playing Pada Anak Kelompok B TKIT MTA Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.” FKIP UNS Journal Systems.
Khairani, Ade Irma. 2016. “Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini.”
Lazmitha, Delya Tessa, and Wulan Patria Saroinsong. 2021. “Pengembangan Phonics Toolbox Untuk Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak.” Jurnal PAUD Teratai 10.
Liyana, Astien, and Mozes Kurniawan. 2019. “Speaking Pyramid Sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):225.
Majeed, Lect. Noor Hameed, and Wasit. 2020. “UTILIZING JOLLY PHONICS SONGS AND FLASH CARDS TO TEACH IRAQ EFL PRIMARY SCHOOL PUPILS ’ LANGUAGE.” 17:16701–9.
Mozes, Getruida Nita, and Nihta V. F. Liando. 2020. “The Implementation of Phonic Method for Enhancing Very Young Learners’ Vocabulary.” 438(Aes 2019):28–32.
Nasrawi, Abeer, and Dina Al-Jamal. 2017. “The Effect of Using Jolly Phonics on Jordanian First Grade Pupils’ Reading.” 4.
Novitasari, Yesi, Danang Prastyo, Selfi Lailiyatul Iftitah, Ardhana Reswari, and Mohammad Fauziddin. 2022. “Media Daur Ulang (Rycle System) Dalam Kemampuan Membaca Bahasa Inggris Awal Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (6).
Nurzaman, Muhammad Akil Wasilah. 2021. “The Importance of English in Era 4.0.” (May).
Ratri, Devinta Puspita, Iswahyudi, and Ni’matul Lailiyah. 2018. Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Cetakan Pe. Malang: UB Press.
Retnawati, Heri. 2017. “Teknik Pengambilan Sampel.”
Ruhaena, Lisnawati. 2008. “Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Pada Anak Prasekolah.” Jurnal Penelitian Humaniora 9(2):192–206.
Salnita, Yulia Eka. 2019. “Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 3 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):137–45.
Sandhy, Noor. 2017. “Metode Total Physical Response (TPR) Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu TK/KB.” 1–14.
Santoso, Singgih. 2010. Kupas Tuntas Ekseprimen Dengan Excel 200 Dan Minitab 15.
Setiawan, Cecep. 2019. “Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Listening Song.” 2(3):392–97.
Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2018). Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Scramble pada Siswa Kelas 4 SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 14-22.
Syakir, Akhmad. 2020. “Implementasi Metode Jolly Phonics Bermuatan Nilai Islami Untuk Pengenalan Huruf Dan Kemampuan Melafalkan Fonem Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya 10(1):59–67.
Syifa, Yuana. 2020. “The Urgency of English in the Era of Industry 4 . 0.” (November):0–6.
Tridinanti, Gaya. 2018. “Enhancing Children’S English Vocabulary Acquisition Through Digital Storytelling of Happy Kids Kindergarten of Palembang.” PEOPLE: International Journal of Social Sciences 3(3):980–89.
Usmaedi. 2021. “Education Curriculum for Society 5.0 in the Next Decade.” 4(2):63–79.
Widya, Tiarma Ika Yuliana, and Yulia Sofiani. 2019. “Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Dengan Media Realia Dan Flash Card.” Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat 01(September).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
1.png)








