KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI DI KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN

Febriasti Larasati, Ruli Hafidah, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia dini di kecamatan Polanharjo kabupaten Klaten. Penelitian ini berangkat dari kegiatan wawancara kepada ketua TK dan beberapa guru di kecamatan Polanharjo kabupaten Klaten yang menunjukan terdapat persoalan pembelajaran pengenalan matematika, terutama pada tahap awal pengenalan berhitung. Penelitian ini dirancang untuk menilai kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. di kecamatan polanharjo kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan survei anak usia 5-6 tahun yang dilaksanakan pada bulan Januari 2022 dengan menggunakan sampel sebanyak 80 anak. Teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil survey menunjukkan bahwa tingkat pencapaian berhitung permulaan anak usia 5 – 6 tahun di TK sekecamatan Polanharjo kabupaten Klaten yaitu 90% anak sudah mampu dalam berhitung permulaan dan 10% belum mampu dalam berhitung permulaan.

Keywords

Berhitung Permulaan; Kualitatif Deskriptif

Full Text:

PDF

References

Apriyansyah, C. (2018). Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD. STKIP Panca Sakti Bekasi

Astuti, Puji and , Dr. Sri Katoningsih, S. Pd., M. Pd. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Pohon Hitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dapertemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia No 137 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini

Dapertemen Pendidikan Nasional. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di Taman Kanak – kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD

Fitri, Mardi. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan menjemur angka pada anak kelompok B3 TK Adhiyaksa Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Liu, Y., et.al. (2016). Morphological awareness longitudinally predicts counting ability in Chinese kindergarteners. Learning and individual differences

Permendikbud No 146 tahun 2014. Kurikulum 2013 Paud. Jakarta

Putri. A. Halimunddin. Anda. K. (2021). Tingkat Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Ibu Yang Memiliki Balita di Perumahan Graha Sedayu Sejahtera. JIM FKep Volume V No. 2

Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’ arif 1 kota metro. Seling: Jurnal program studi PGRA, 4(2), 181-188.

Sujiono, Y. d. (2015). Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Umari, Tri. 2016. Description numeracy children 5-6 years in district TK ananda siak hulu kampar. Universitas Riau

Wulan, G., dkk. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui media permainan stick angka. UPI Cibiru

Yanti, dkk. (2016). Gambaran kemampuan berhitung anak usia 5 – 6 tahun di taman kanak– kanak ananda kecamatan hulu kabupaten Kampar. Universitas Riau

Refbacks

  • There are currently no refbacks.