PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PAPER QUILLING DI KELOMPOK B

Elia Hestiningrum, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan motorik halus melalui kegiatan paper quilling pada kelompok B TK Al Amaanah 3 Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2022/2023.. Keterampilan motorik halus tidak kalah penting dengan aspek perkembangan lainnya. Permasalahan yang terjadi yaitu rendahnya gerak motorik halus anak terutama dalam hal menggunting dan menempel. Jenis penelitian ini adaalah penelitian Tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan penelitian Tindakan kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari 20 anak sebanyak delapan anak laki laki dan dua belas anak Perempuan. Selain itu subjek penelitian dalam penelitian ini juga terdiri dari guru kelompok B dan Kepala Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Perolehan data kualitatif dengan cara menganalisis data dari wawancara dan dari data observasi selama penelitian. Sedangkan pemerolehan data kuantitatif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra Tindakan, siklus I dan siklus II. Peningkatan keterampilan motorik halus dapat dikatakan berhasil apabila persentase keberhasilan mencapai 80%. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan peningkatan yang terjadi dalam keterampilan motorik halus menggunting dan menempel melalui kegiatan paper quilling, dibuktikan dengan hasil penilaian kondisi awal yakni pada pratindakan sebesar 25% kemudian meningkat pada siklus I yakni menjadi 55% dan pada siklus II mencapai 85%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian Tindakan kelas yang dilaksankan di kelompok B TK Al Amaanah 3 Kebakkramat Karanganyar melalui kegiatan paper quilling telah berhasil.

Keywords

paper quilling; motorik halus

Full Text:

PDF

References

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., & Ma"sumah. (2021). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Astuti. (2022). Mengembangkan motorik halus melalui kegiatan menjahit pola pada anak kelompok B di PAUD Nurul Fallah Dusun Penegak Simpang Yuli. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 27-31.

Brinalloy, Y. (2012). Paper Quilling. Solo: Metagraf.

Iswatun Khasanah. (2013). Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Paper quilling Pada Anak Kelompok B4 Di TK Masyithoh Dukuh Imogiri Imogiri Bantul. Yogyakarta: UNY

Mukminin, M. A., & Dadan, S. (2019). Pengaruh montase terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak kanak Assyofa Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai 3, 19-26.

Nababan, R., & Tesmanto, J. (2021). Perkembangan motorik halus melalui finger painting pada anak kelompok bermain di TK Advent tahun pelajaran 2020/2021. Research and Development Journal Of Education, 518-524.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Puspitasari, A. (2021). Pengaruh paper quilling terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di taman kanak kanak. Tematik : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 24-32.

Rahimah. (2021). The analysis of fine motor skills and early childhood creativity through weaving activities. Randwick International of Social Sciences (RISS) Journal, 583-589.

Rahmawati, S., Ade, S. O., & Affiyah, Z. (2019). Pemanfaata limbah kertas paper quilling sebagai media pembelajaran biologi melatih daya kreativitas siswa. 1-16.

Wahidah, F., Luhrina, C., & Muzayyanah. (2021). Upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak usia dini. CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 138-150.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.