HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI

Ika Aprilia Wulandari, Anayanti Rahmawati, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Penelitian ini membahas ketertarikan peneliti mengenai pola asuh orang tua dengan perkembangan kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri anak usia 6-7 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 orang tua dan anak usia 6-7 tahun di TK Aisyiyah 20 Pajang, Laweyan, Surakarta. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas oleh expert judgment dan diuji reliabilitas dengan metode alpha cronbach’s. Teknik analisis data non-parametrik dalam penelitian ini menggunakan teknik spearman rank correlation dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara pola asuh demokratis dengan kepercayaan diri anak, ditunjukan dari nilai correlation coefficient 0,411 dengan signifikasi 0,001. Lalu terdapat hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan kepercayaan diri anak, dibuktikan dengan nilai correlation coefficient -0,968 dengan signifikasi 0,007. Kemudian terdapat hubungan negatif antara pola asuh permisif dengan kepercayaan diri anak, dibuktikan dengan nilai correlation coefficient -0,980 dengan signifikasi 0,001. Dengan demikian penerapan pola asuh demokratis orang tua memiliki dampak baik terhadap kepercayaan diri anak, sedangkan penerapan pola asuh otoriter dan permisif memiliki dampak kurang baik untuk kepercayaan diri anak.

Keywords

pola asuh orang tua; kepercayaan diri; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Adnan, M. (2018). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i2.80

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2020). Pusat Pengembangan Kepercayaan Diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1695. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4487

Anggaraeni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1(1), 1–8. https://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/JECIE/article/view/25

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102–122. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Baumrind, D. (1967). Child Care Practices Anteceding Three Patterns of Preschool Behavior. Genetic Psychology Monographs, 75(1), 43–88.

Baumrind, D. (1991). Parenting styles and adolescent development (A. C. Brooks-Gunn, J; Lerner, R M; Petersen (ed.)). Garland Publishing.

Baumrind, Diana. (1967). Diana Baumrind’s (1966) Prototypical Descriptions of 3 Parenting Styles. Genetic Psychology Monographs, 75(1), 43–88.

Baumrind, Diana. (2003). Effect of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 37(4), 887–907. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1126611

Baumrind, Diana. (2012). Authoritative parenting revisited: History and current status. Authoritative Parenting: Synthesizing Nurturance and Discipline for Optimal Child Development., 11–34. https://doi.org/10.1037/13948-002

Baumrind, Diana. (2013). Is a pejorative view of power assertion in the socialization process justified? Review of General Psychology, 17(4), 420–427. https://doi.org/10.1037/a0033480

Cimi, A., Erlyani, N., & Rahmayanti, D. (2013). Pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak. Jurnal Dunia Keperawatan, 01(01), 57–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/dk.v1i1.1654

Ferlin, M., & Putri, L. D. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini The Relationship Between Parenting Styles and Children Self-confidence. LEARNING COMMUNITY Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 118–123. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JLC/article/download/34391/11885/

Ghufron, M., & Risnawati, N. . (2014). Teori - Teori Psikologi. ArRuzz Media.

Hurlock. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang (5th ed.). Erlangga.

Jadon, P. S., & Tripathu, S. (2017). Effect of authoritarian parenting style on self esteem of the child: a systematic review. IJARIIE, 3(3), 909-913.

Kartika, aji D. A., Malik, L. R., & Saugi, W. (2020). Pola Asuh Orang Tua Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Motoric, 4(2), 2020. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/1269

Kurniyawan, E. H., Mulyaningsasi, R. B., Wuryaningsih, E. W., & Sulistyorini, L. (2021). Correlation Between Authoritarian Parenting and Self-Confidence in School-Age Children in Indonesia: A cross-sectional study. Nursing and Health Sciences Journal (NHSJ), 1(1), 6–11. https://doi.org/10.53713/nhs.v1i1.3

Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/6848/3364

Lauster. (2012). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Lindenfield, G. (2002). Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Arcan.

Pinquart, M. (2017). Associations of Parenting Dimensions and Styles with Internalizing Symptoms in Children and Adolescents: A Meta-Analysis. Developmental Psychology, 53(7), 873–932. https://doi.org/10.1080/01494929.2016.1247761

Rahmawati, A., Fajrianthi, F., & Purwono, U. (2022). The psychometric properties of parenting styles and dimensions questionnaire-short form in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 42–50. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21650

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnalbimbingan Konseling Isla, 6(1), 1–18.

Rinaldi, C. M., & Howe, N. (2012). Mothers’ and fathers’ parenting styles and associations with toddlers’ externalizing, internalizing, and adaptive behaviors. Early Childhood Research Quarterly, 27(2), 266–273. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2011.08.001

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (1995). Authoritative, Authoritarian, and Permissive Parenting Practices: Development of a New Measure. Psychological Reports, 77(3), 819–830. https://doi.org/10.2466/pr0.1995.77.3.819

Robinson, C. C., Mandleco, B., Olsen, S. F., & Hart, C. H. (2001). the Parenting Styles and Dimensions Questionnaire. January. https://www.researchgate.net/publication/284239814_The_Parenting_Styles_and_Dimensions_Questionnaire_PSDQ

Santrock, J, W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (1st ed.). Erlangga.

Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206

Susanti, N., Yennizar, & Kiska, N. D. (2022). Hubungan Antar Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepercayaann Diri Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 29–34. https://doi.org/10.53515/cji.2022.3.2.29-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.