UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PAPER MARBLING PADA ANAK KELOMPOK B

Miftakhul Khusna Kurniawati, Warananingtyas Palupi, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu kemampuan yang pasti dimiliki oleh setiap orang, dimana kemampuan ini perlu ditingkatkan sejak dini. Hanya saja masih banyak Lembaga pendidikan formal yang belum maksimal dalam Upaya peningkatan kreativitas anak usia dini. Berdasarkan observasi awal di salah satu Lembaga pendidikan formal di Kabupaten Sukoharjo di dapatkan data bahwa kreativitas di bidang seni anak usia dini masih belum berkembang secara maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini dengan menggunakan Teknik Paper Marbling. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan McTaggart pada kelompok B di TK Desa Sidorejo II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan dengan 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil yang didapatkan di lapangan menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 26.7%, siklus I sebesar 40%, dan siklus II 80%.

Keywords

Kreativitas; teknik paper marbling; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Afnita, J. A. U. (2021). Kunci-Kunci Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 75–95. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.7084

Azahra, N. S. (2017). Pengaplikasian Image Alam Kabupaten Sukabumi Pada Tenun Sukabumi Dengan Teknik Marbling. E-Proceeding of Art & Design, 4(3), 1153–1171.

Başar, F. ve Tiryaki, Y. (2006). Türk Ebru Sanatı. İstanbul: Gözen Publish.

Hendrawan, A. (2017). Pergeseran Teknik dan Material Marbling pada Tekstil sebagai Konsekuensi dari Perkembangan dan Inovasi. Panggung, 27(1), 1–14. https://doi.org/10.26742/panggung.v27i1.228

Maulana, I., & Mayar, F. (2019). Pengembangkan kreativitas anak usia dini di era revolusi 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1141-1149.

Islami, F. N., Putri, G. D., & Nurdwiandari, P. (2018). Kemampuan Fluency, Flexibility, Orginality, Dan Self Confidence Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 249. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p249-258

Maxim, G.W. (1980). The Very Young: Guiding Children from Infancy through the Early Years. Californa: Wodsworth.

Munandar, S. C. U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

NACCCE. (1999). All Our Futures: Creativity, Culture and Education. National Advisory Committee on Creative and Cultural Education. https://sirkenrobinson.com/pdf/allourfutures.pdf

Özdemir, F. (2021). An Investigation in Terms of Binding Art of Printed Books Dated 1830-1840 in Marmara University Library. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 3(4), 1–16. https://doi.org/10.55057/ajress.2021.3.4.1

Yates, E., & Twigg, E. (2017). Developing creativity in early childhood studies students. Thinking Skills and Creativity, 23, 42–57. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.11.001.

Salmina, N., & Suliyanthini, D. (2022). Penilaian Estetika Surface Design Dengan Teknik.

Suasmiati, R. (2017). Estetika Teknik Marbling Dan Drawing. Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies (JADECS), 2(1), 47–62.

Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 5(3), 117. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385

Volkers, M. (2019). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 8(5), 55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.