MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA BALOK
Abstract
Penelitian ini membahas tentang meningkatkan kemampuan berhitung awal anak usia 4-5 tahun melalui media balok. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berhitung awal anak usia 4-5 tahun pada salah satu TK di Kelurahan Kerten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun atau setara dengan kelompok A sejumlah 15 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengamatan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 80% dari sejumlah anak di dalam kelas atau setara dengan 12 anak mendapatkan nilai tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui media balok mampu meningkatkan kemampuan berhitung awal anak usai 4-5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan untuk guru anak usia dini dan penelitian selanjutnya agar menggunakan media konkret, seperti balok, secara sistematis dan berkelanjutan dalam proses pembelajaran berhitung awal. Pendekatan ini dapat menjadi strategi yang efektif dalam mendukung perkembangan kognitif anak, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung awal anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z., dkk. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1–12.
Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Manajemen Pendidikan Islam, p. 5(1).
Cahyaningrum, D. (2020). Pengembangan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1–12.
Hendriana, R., & Sugiarto, B. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berhitung Awal Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 123–132.
Kemendikbud. (2014). Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2014.
Kusumah, Y., & Dewi, K. (2019). Metode Pembelajaran Berhitung Awal yang Interaktif dan Efektif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1–12.
Maesaroh. (2019). Pengembangan Keterampilan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Bermain Balok. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–12.
Mulyani, S., & Supriyanto, Y. (2020). Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 1–10.
Sari, R. P., & Utami, W. (2017). Penggunaan Media Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 1–10.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatan). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sujiono, Y. N., & Nurani, S. (2011). Pengembangan Keterampilan Berhitung Anak Usia Dini. Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Sekretariat Negara Republik Indonesia.Refbacks
- There are currently no refbacks.