PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Tri Winarni, Anayanti Rahmawati, Novita Eka Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi terhadap perilaku sosial pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diisi oleh orangtua anak usia 5-6 tahun di Gugus XI Nusa Indah Laweyan Surakarta melibatkan subjek sebanyak 80 anak. Uji regresi linear sederhana digunakan sebagai teknik analisis data dengan bantuan aplikasi SPSS 23 for Windows. Temuan penelitian menunjukkan hasil analisis terhadap uji prasyarat yaitu uji normalitas data berdistribusi normal serta terdapat hubungan linear antar variabel. Perhitungan regresi linear diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan persamaan regresi Y= 47,097 + 1,172X. Analisis uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6, 655 > t tabel 1, 992 maka Ho ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh antara variabel kemampuan komunikasi (X) terhadap variabel perilaku sosial (Y) pada anak usia 5-6 tahun sebesar 36,2 %.


Keywords


perilaku sosial; kemampuan komunikasi; anak usia dini

Full Text:

PDF
rticle

References


Adewiyah, R., & Fitria, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal Melalui Metode Sosiodrama pada Anak Usia 5-7 Tahun. Jurnal Ceria: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 12 No 1, Juli, 2020, 1–11. http://jurnal.umt.ac.id>artikel>view Fitria│Ceria: Jurnal PAUD.

Adiyanta, S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empirik. Administrative Law & Governance Journal, Vol 2 No 4, November, 2019, 697–709.

Agustian, S. (2018). Persepsi Orang Tua Tentang Bentuk Perilaku Sosial Anak Usia Dini (Studi di TK Islam Bakti Kabupaten Dharmasraya). Skripsi: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat.

Ariyanto, F. L. T. (2016). Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Lokalisasi Guyangan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Vol 3 No 1, April, 2016, 1–75. https:// journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/.

Baiti, N. (2020). Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak. PAUD Lectura: Jurnal PAUD, Vol 4 No 1, Oktober, 2020, 42–50.

Fauzi. (2013). Pendidikan Komunikasi Anak Usia Dini: Berbasis Kecerdasan Bahasa dan Kecerdasan Sosial. Purwokerto: STAIN Press.

Fikria, A. Z., Hartini, S., & Sufa, F. F. (2021). Social Behavior of Early Children in the Nusukan Railway Environment, Surakarta. Journal of Early Childhood Education, Vol. 3 No.1, Juni, 2021, 65–74.

Gooden, C., & Kearns, J. (2013). The Importance of Communication Skills in Young Children. Research Brief Summer: University of Kentucky.

Hanum, R. (2017). Mengembangkan Komunikasi yang Efektif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Vol.3 No.1, Januari-Juni, 2017, 45–58. http://jurnal.ar-raniry.ac.id.

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Junge, C., Valkenburg, P. M., Dekovic, M., & Branje, S. (2020). Developmental Cognitive Neuroscience The building blocks of social competence : Constributions of the Consortium of Individual Development. Developmental Cognitive Neuroscience, Vol. 45 No.1, September, 2020, 1–11

Kemdikbud. (2017). Model Pendiikan Anak Usia Dini Satu Tahun sebelum Sekolah Dasar: Kajian Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Informal dan Pendidikan Masyarakat. Jakarta: Puslitjakdikbud

Mahardika, E. K. (2014). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Jawa. Pendidikan Usia Dini, Vol.8 No.2, November, 2014, 251–263.

Malik, H. A., Desi, E., Lubis, W., Resa, O., Agustin, N., & Jakarta, S. K. (2018). Pengaruh Kemampuan Berbahasa Lisan Terhadap Perkembangan Hubungan Sosial Anak Usia DINI. UNES Journal of Education Scienties, Vol.2 No.1, May, 2018, 82–89.

Muliasari, D. N., & Gandana, G. (2019). Komunikasi dalam PAUD. Bandung: Ksatria Siliwangi.

Rohayati, T. (2013). Pengembangan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.4 No.2, November, 2013, 131–137.

Sholihah, A. (2020). Komunikasi Non Verbal dalam Proses Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surakarta.

Siregar, W. W. (2019). Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Anak Dengan Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Baitussalam. Jurnal Raudhah, Vol.07 No 1, Januari-Juni, 2019, 40–52.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Volpe, V. V., Holochwost, S. J., Cole, V. T., & Propper, C. (2019). Early growth in expressive communication and behavior problems: Differential relations by ethnicity. Journal of Early Childhood Research Quarterly, Vol.47, February, 2019, 89–98. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.10.002.

Yuliana, I. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini (Penelitian pada Siswa Kelompok B RA Muslimat NU Banjarharjo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang). Skripsi: Universitas Muhammadiyah Magelang.




DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i3.101473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Early Chilhood Education and Development Journal published by 

Departement of Teacher Training of Early Childhood Education 

Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta

Email: ecedjournal@gmail.com

Telp : (0271) 719 573

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License