UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA ANAK
Abstract
Kemampuan matematika permulaan merupakan kemampuan dasar yang akan menjadi bekal dimasa depan, kemampuan ini tidak serta merta melakukan operasional angka (aritmatika) namun lebih kepada penerapan konsep. Tujuan penelitian guna meningkatkan kemampuan matematika permulaan melalui metode pembelajaran role playing pada anak kelompok A1 TK Puntukrejo Ngargoyoso. Dilakukan dengan pendekatan kuantitatif & kualitatif penelitian berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian berlangsung 6 pertemuan dalam setiap siklus ada 3 pertemuan anak usia 5-6 tahun sebagai subjek penelitian, masing-masing 6 anak perempuan dan laki-laki. Hasil dari penelitian dapat disimpulakan kemampuan matematika permulaan anak dapat ditingkatkan dengan metode role playing. Hasil peningkatan persentase 61% terjadi pada siklus I, persentase 92% pada siklus II
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Charlesworth, R., & lind, K.K. (2010). Math & Science For Young Children. United States: Wadsworth, cengange learning.
Dirjen PAUDNI. (2009). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Keluarga. Jakarta : Dirjen PAUDNI
Essa, E.L. (2011). Introduction to Early Chilhood Education Sixth edition. United States: Wadsworth Cengage Learning.
Farihah, H. (2017). Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui kegiatan bermain stik angka. Jurnal teladan, 2 (1), 1-20
Fitrianingtyas, A. (2021). Konsep Dasar Matematika Anak usia Dini.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kennedy Tipps Johnson. (2008) Guiding Mathmatict. Learning childrens Learning Wadworth: of Cengage.
Kurniasih, I & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan pembelajaran untuk Model Meningkatkan Profesionalitas Guru, Kata Pena
Lestari K W. (2011) Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Direktorat PAUD.
Mursid. (2013). Bermain dan Permainan. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nani, R. S. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (p. 227). Semarang: Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.
Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang pendidikan standar nasional.
Sanjaya, H.W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Poses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utoyo, S. (2017). Metode pengembangan matematika anak usia dini. Ideas publishing
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v3i3.101471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License