HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ANAK DAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN BICARA ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan anak dan orang tua dengan kemampuan bicara anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisyiyah Ranting II. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun Kelas B di TK Aisyiyah Ranting II dengan jumlah sampel 16 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai r sebesar 0,669 dengan nilai signifikansi (0,005) < 0,05 sehingga H0 ditolak H1 diterima artinya “terdapat hubungan antara kelekatan anak dan orang tua dengan kemampuan bicara anak usia 5-6 tahun”. Koefisien korelasi product moment Pearson menghasilkan nilai (+) hal tersebut menunjukka nilai variabel x dan y naik secara bersamaan artinya apabila kelekatan anak dan orang tua tinggi diasumsikan kemampuan bicara anak cenderung berkembang dengan baik, demikian sebaliknnya, apabila kelekatan anak dan orang tua rendah diasumsikan kemampuan bicara anak cenderung berkembang dengan tidak baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising
Suhartono. (2015). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Musfiroh, T. (2015). Bermain sambil belajar dan mengasah kecerdasan (stimulasi multiple intelligences anak usia taman kanak-kanak). Jakarta: Depdiknas.
Astuti, H. P. (2013). Perkembangan Anak Usia Dini 1. Yogyakarta: Deepublish.
Nicely, P., Tamis-LeMonda, C. S., & Bornstein, M. H. (2010). Mothers’ attuned responses to infant affect expressivity promote earlier achievement of language milestones. Infant Behavior and Development, 22, 557–568.
Sachs, J. (2016). Communication development in infancy. In J. B. Gleason (Ed.), Development of language (6th ed., pp. 39–61). Boston: Pearson Education.
Tamis-LeMonda, C. S., Cristofaro, T. N., Rodriguez, E. T., & Bornstein, M. H. (2017). Early language development: Social influences in the first years of life. In L. Balter & C. S. Tamis-LeMonda (Eds.), Child psychology: A handbook of contemporary issues (2nd ed., pp. 79–108). New York: Psychology Press
Bakermans-Kranenburg, M. J., van IJzendoorn, H., & Juffer, F. (2015). Less is more: Meta-analysis of sensitivity and attachment interventions in early childhood. Psychological Bulletin, 129, 195–215.
Bakermans-Kranenburg, M. J., van IJzendoorn, H., & Juffer, F. (2017). Disorganized infant attachment and preventive interventions: A review and meta-analysis. Infant and Mental Health Journal, 26, 191–216.
Dagun, S. M. (2016). Psikologi Keluarga (Peran Ayah dalam Keluarga). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Santrock, J. W. (2017). Remaja Jilid 2 Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Ekasari, A., Bayani, I. (2019). Attachment pada ayah dan penerimaan peer group dengan resiliensi (Studi kasus pada siswa laki-laki di tingkat Sekolah Menengah Pertama). Jurnal Soul, 2 (2).
Gersten, M., Coster, W., Schneider-Rosen, K., Carlson, V. & Cicchetti, D. (2017). Advances in developmental psychology. Lamb, M., Brown, A. L. & Rogoff, B. (eds.). Vol. 4. p. 105-151. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Murray, A. D., & Yingling, J. L. (2018). Competence in language at 24 months: Relations with attachment security and home stimulation. The Journal of Genetic Psychology: Research and Theory on Human Development, 161(2), 133–140. https://doi.org/10.1080/00221320009596700
Barzun, J. (2019). Program Paedia: Sebuah Silabus Paedagogi. Jakarta: PT Indonesia Publishing.
Dyer, L. (2014). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Jakarta: Kelompok Gramedia.
Hurlock, E. B. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Nurlaeli, D. A. (2015). Hubungan antara Interaksi Orangtua dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun di TK Pertiwi Babakan Kalimanah Purbalingga Jawa Tengah. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
Lwin, M., Khoo, A., Lyen, K., & Sim, C. (2002). How to Multiply Your Child’s Intelligence: A Practical Guide for Parents of Seven-Year-Olds and Below. Singapore: Pearson Education Asia Pte., Ltd.
Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan (Terjemah dalam bahasa indonesia). Jakarta: Erlangga.
Zhao, F., Liu, M., & Li, S. (2020). Paternal coparenting behavior and adolescent prosocial behaviors: Roles of parent-child attachment, peer attachment, and gender. Children and Youth Services Review, 7. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105629.
Baron, A. R., & Bryne, D. (2015). Psikologi Sosial Jilid 2. Terj. Ratna Djuwita, dkk. Jakarta: Erlangga.
Mc Cartney & Dearing, E. (Eds.). (2012). Child Development. Mc Millan Refference USA.
Desmita. (2018). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santrock, J. W. (2015). Adolescence, Perkembangan Remaja. Terj. Adelar, S. B., & Saragih, S. Jakarta: Erlangga..
Michael, T., & Snow, M. (2019). The Adult Scale of Parental Attachment-Short Form: Psychometric Properties, Factor Analyses, and Validation. International Journal For The Advancement of Counselling.
Kappenberg, E. S., & Halpern, D. F. (2006). Kinship center attachment questionnaire development of a caregiver-completed attachment measure for children younger than 6 years. Educational and Psychological Measurement, 66(5), 852–873. http://dx.doi.org/10.1177/0013164405285545.
Puryanti, I. (2013). Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu dengan Kemandirian Di Sekolah. Unnes, Skripsi.
Tarigan, H. G. (2018). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Semi, M. A. (2011). Rancangan Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jakarta: Angkasa.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kemendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i3.101462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Early Childhood Education and Development Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Early Chilhood Education and Development Journal published by
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education
Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Email: ecedjournal@gmail.com
Telp : (0271) 719 573

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License