MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA RODA PUTAR ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan anak usia 4–5 tahun dalam mengenali bentuk geometri melalui media roda putar. Subjek penelitian adalah 12 anak dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan setelah penerapan media roda putar. Pada pra-tindakan, hanya 16,7% anak yang menguasai bentuk geometri sesuai indikator. Setelah Siklus I, persentase penguasaan meningkat menjadi 41,7%, meskipun beberapa anak masih mengalami kesulitan. Pada Siklus II, terjadi peningkatan lebih signifikan dengan 83,3% anak berhasil mengenali dan menyebutkan bentuk geometri, serta 100% mampu mengklasifikasikannya dengan benar. Temuan ini membuktikan efektivitas media roda putar dalam membantu anak memahami bentuk geometri. Implikasi penelitian secara operasional adalah guru dapat mengintegrasikan media roda putar dalam pembelajaran harian untuk meningkatkan pengenalan bentuk geometri secara efektif. Pelatihan penggunaan media interaktif bagi guru juga dianjurkan untuk mengoptimalkan proses belajar. Selain itu, pengembangan media pembelajaran inovatif dan program bimbingan tambahan perlu dilakukan untuk mendukung anak yang membutuhkan stimulasi lebih agar capaian belajar optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi positif pada peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.
Keywords
References
Anggraini, D., & Ningrum, E. M. (2018). Pengembangan media roda putar untuk mengenalkan bentuk geometri pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 12–18. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPA/article/view/12548
Bernardo, A. B. I., Salandanan, G. G., & Calipusan, C. M. (2016). Young children's geometric thinking and spatial ability. Asia-Pacific Education Researcher, 25(4), 587–597. https://doi.org/10.1007/s40299-016-0291-2
Budimansyah, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dalam N. Rahayu & L. Agustina (Eds.), Implementasi pendidikan karakter di sekolah .Bandung: Alfabeta.
Fathanah, N., Suryana, D., & Kurniawati, N. (2023). Pengaruh media roda putar terhadap peningkatan pemahaman konsep geometri pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 112–123. https://doi.org/10.21009/jpaud.112.09
Fisher, K. R., Hirsh-Pasek, K., Newcombe, N. S., & Golinkoff, R. M. (2019). Taking shape: Supporting preschoolers’ acquisition of geometric knowledge through guided play. Early Childhood Research Quarterly, 46, 108–117. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.06.010
Gardner, H. (2006). Multiple intelligences: New horizons. Basic Books.
Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kaplan, L. S., & Owings, W. A. (2015). Culture re-boot: Reinvigorating school culture to improve student outcomes. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.
Komariyah, E., Siregar, N., & Saputro, B. (2022). Pengembangan kognitif anak usia dini melalui permainan edukatif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 101–112. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpaud/article/view/17874
Lailatul, H., & Mallevi, I. (2019). Pengenalan bentuk geometri untuk anak usia dini melalui media lingkungan sekitar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/paud/article/view/6204
Lestari, S. (2011). Pengenalan konsep geometri pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 78–85. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPA/article/view/11215
Nengtyas, M. R. (2023). Efektivitas media roda putar dalam meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. Jurnal Golden Age, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.24815/jga.v7i1.27456
Noni, N. (2016). Roda putar sebagai media pembelajaran anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(2), 43–50. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud/article/view/12607
Renavitasari, T., Yulianti, K., & Syafril, R. (2018). Pengenalan bentuk geometri untuk anak usia dini dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 60–68. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/paud/article/view/2602
Sadirman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sinar, S. (2018). Aktivitas belajar anak dalam pembelajaran PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 98–105. https://doi.org/10.31227/osf.io/9b7hz
Smith, J. A., & Jones, M. L. (2021). Integrating visual and kinesthetic learning for preschool geometry instruction. Journal of Early Childhood Education, 49(3), 213–229. https://doi.org/10.1007/s10643-020-01044-z
Sudjana, N. (2018). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Walle, J. A. V. de. (2001). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (4th ed.). Longman.
Zurlita, D. (2022). Media roda putar sebagai alat bantu pembelajaran geometri untuk anak usia 4–5 tahun. Jurnal Kreatifitas Anak, 4(3), 77–83. https://doi.org/10.31539/jka.v4i3.30576
Zurlita, D., Harjanto, T., & Arifah, S. N. (2022). Validasi media roda putar untuk pengenalan bentuk geometri pada anak usia 4–5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 7(1), 33–42. https://doi.org/10.21009/jpaudi.v7i1.27231
Refbacks
- There are currently no refbacks.