Pelatihan Analisis Instrumen Penilaian dengan Menggunakan Fitur Quiziz Bagi Guru SDN 103 Padang Pelawi Kabupaten Seluma

Osa Juarsa, Tono Sugihartono, Neza Agusdianita, Mayang T Afriwilda

Abstract


Berdasarkan  hasil  observasi  dan  wawancara  di  SDN  103 Seluma diperoleh informasi bahwa: (1) pengetahuan guru tentang Pembuatan instrument penilaian pembelajaran;    (2)  masih kurangnya pengetahuan guru-guru dalam menyusun penilaian pembelajaran memanfaatkan aplikasi yang dapat digunakan ketika pelaksanaan pembelajaran digital; (3) masih ada guru belum terampil memanfaatnya pembelajaran digital  dan (4) Hasil belajar kognitif  siswa masih rendah. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk menambah  pemahaman  dalam membuat   instrument penilaian dan meningkatkan   keterampilan guru   dalam membuat Instrumen Penilaian dengan Menggunakan Fitur Quiziz. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat yakni observasioal dan modeling  yang mencakup empat fase, yaitu: (1) Fase perhatian (attentional phase) ; (2) Fase retensi (retention phase),; (3) Fase reproduksi (reproduction phase); dan (4) Fase motivasi (motivation phase). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi, dokumentasi, dan penyebaran angket/kuesioner. Hasil dari PKM ini  terjadi peningkatan dari segi aspek (1) pemahaman guru  tentang  instrument penilaian dengan  nilai  rata-rata  pretest  sebesar  80.25  menjadi  93.40  pada posttest, (2)  pemahaman  guru  tentang  Instrumen Penilaian dengan Menggunakan Fitur Quiziz dengan  rata-rata  nilai pretest sebesar  70.45  pada pretest menjadi  92.25 dan (3) keterampilan   dalam   pembuatan   Instrumen Penilaian dengan Menggunakan Fitur Quiziz dengan  nilai  rata-rata pretest sebesar  70.00 menjadi 90.25 pada posttest. Simpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan pembuatan instrument penilaian menggunakan Quizizz dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan pembuatan instrument penilaian menggunakan Quizizz

Keywords


Pelatihan, Instrumen Penilaian, Quiziz

Full Text:

PDF
rticle

References


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. (2022). Pelatihan bahasa Inggris melalui pembelajaran interaktif di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.141

Anggraini, N. (2023). The training of online quiz as gamification and assessment in virtual learning. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian), 11(2), 103–112. https://doi.org/10.29313/ethos.v11i2.8985

Aprilia, T., Ardiansyah, A., & Riyanti, H. (2023). The feasibility of interactive multimedia and online quiz based gamification on learning management system (LMS) thematic learning courses. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 120–133. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.55533

Asres, A., & Abebe, A. (2024). Teachers’ competence in the educational assessment of students in a competence-based education in Amhara Region, Ethiopia: The case of TVET teachers and assessors. Preprints. https://doi.org/10.20944/preprints202402.1212.v1

Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., … & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.

Cross, T., & Palese, K. (2015). Increasing learning: Classroom assessment techniques in the online classroom. American Journal of Distance Education, 29(2), 98–108. https://doi.org/10.1080/08923647.2015.1023594

Enu, J., & Ngcobo, Z. (2024). Three Ghanaian pre-service teachers’ conceptions of assessment literacy. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 15(1), 23–30. https://doi.org/10.52214/jmetc.v15i1.10612

Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Indriyani, N., Hanifah, R., & Fitria, Y. (2023). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 28–48.

Ismail, M. I. (2021). Evaluasi pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Mellati, M., & Khademi, M. (2018). Exploring teachers’ assessment literacy: Impact on learners’ writing achievements and implications for teacher development. Australian Journal of Teacher Education, 43(6), 1–18. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n6.1

Nurholifah, L., & Zakia, N. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui implementasi Quizizz dalam konteks pendidikan digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51–61.

Paksi, H. P., & Aryanti, L. (2020). Sekolah dalam jaringan. Scopindo.

Pireva, K., Tahir, R., Wang, A., & Imran, A. (2021). Game-based digital quiz as a tool for improving students’ engagement and learning in online lectures. IEEE Access, 9, 91220–91234. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3088583

Prastowo, A. (2015). Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik terpadu, implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Prenadamedia Group.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Putra, A. S. (2024). Pengembangan instrumen penilaian kognitif fase E Kurikulum Merdeka dengan media Quizizz berbasis e-assessment pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas XE di SMA Negeri 6 Surakarta.

Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Pemanfaatan gamification Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114–133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714

Ruiz, P. (2024). Gamification as a methodology to enhance analytical and sustainable engagement on social media. Discover Education, 3(1). https://doi.org/10.1007/s44217-023-00074-7

Syafi’i, A. S. I., Akmal, A., & Bulan, S. (2023). Pemahaman dan praktik guru dalam melaksanakan penilaian mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs As’adiyah Uloe. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8923

Tibrani, M. M., Amizera, S., Madang, K., Susanti, R., Anwar, Y., Slamet, A., … & Anggraini, N. (2023). The training of online quiz as gamification and assessment in virtual learning. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 103–112. https://doi.org/10.29313/ethos.v11i2.8985

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori & landasan pendidikan kewarganegaraan. Alfabeta.

Widiana, I. W., Gading, I. K., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2023). Validasi penyusunan instrumen penelitian pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.

Winarni, E. W. (2018). Penelitian kuantitatif kualitatif. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v7i2.98056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595