Pelatihan Analisis Instrumen Penilaian dengan Menggunakan Fitur Quiziz Bagi Guru SDN 103 Padang Pelawi Kabupaten Seluma
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Aminatun, D., Alita, D., Rahmanto, Y., & Putra, A. (2022). Pelatihan bahasa Inggris melalui pembelajaran interaktif di SMK Nurul Huda Pringsewu. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 66–71. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.141
Anggraini, N. (2023). The training of online quiz as gamification and assessment in virtual learning. Ethos (Jurnal Penelitian dan Pengabdian), 11(2), 103–112. https://doi.org/10.29313/ethos.v11i2.8985
Aprilia, T., Ardiansyah, A., & Riyanti, H. (2023). The feasibility of interactive multimedia and online quiz based gamification on learning management system (LMS) thematic learning courses. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 120–133. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i1.55533
Asres, A., & Abebe, A. (2024). Teachers’ competence in the educational assessment of students in a competence-based education in Amhara Region, Ethiopia: The case of TVET teachers and assessors. Preprints. https://doi.org/10.20944/preprints202402.1212.v1
Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., … & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.
Cross, T., & Palese, K. (2015). Increasing learning: Classroom assessment techniques in the online classroom. American Journal of Distance Education, 29(2), 98–108. https://doi.org/10.1080/08923647.2015.1023594
Enu, J., & Ngcobo, Z. (2024). Three Ghanaian pre-service teachers’ conceptions of assessment literacy. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 15(1), 23–30. https://doi.org/10.52214/jmetc.v15i1.10612
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Indriyani, N., Hanifah, R., & Fitria, Y. (2023). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 28–48.
Ismail, M. I. (2021). Evaluasi pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344
Mellati, M., & Khademi, M. (2018). Exploring teachers’ assessment literacy: Impact on learners’ writing achievements and implications for teacher development. Australian Journal of Teacher Education, 43(6), 1–18. https://doi.org/10.14221/ajte.2018v43n6.1
Nurholifah, L., & Zakia, N. (2023). Meningkatkan pembelajaran melalui implementasi Quizizz dalam konteks pendidikan digital. An-Nashr: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 51–61.
Paksi, H. P., & Aryanti, L. (2020). Sekolah dalam jaringan. Scopindo.
Pireva, K., Tahir, R., Wang, A., & Imran, A. (2021). Game-based digital quiz as a tool for improving students’ engagement and learning in online lectures. IEEE Access, 9, 91220–91234. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3088583
Prastowo, A. (2015). Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik terpadu, implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Prenadamedia Group.
Pusparani, H. (2020). Media Quizizz sebagai aplikasi evaluasi pembelajaran kelas VI di SDN Guntur Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496
Putra, A. S. (2024). Pengembangan instrumen penilaian kognitif fase E Kurikulum Merdeka dengan media Quizizz berbasis e-assessment pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas XE di SMA Negeri 6 Surakarta.
Rahmania, S., Soraya, I., & Hamdani, A. S. (2023). Pemanfaatan gamification Quizizz terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 114–133. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3714
Ruiz, P. (2024). Gamification as a methodology to enhance analytical and sustainable engagement on social media. Discover Education, 3(1). https://doi.org/10.1007/s44217-023-00074-7
Syafi’i, A. S. I., Akmal, A., & Bulan, S. (2023). Pemahaman dan praktik guru dalam melaksanakan penilaian mata pelajaran pendidikan agama Islam di MTs As’adiyah Uloe. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.35706/wkip.v7i01.8923
Tibrani, M. M., Amizera, S., Madang, K., Susanti, R., Anwar, Y., Slamet, A., … & Anggraini, N. (2023). The training of online quiz as gamification and assessment in virtual learning. Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 103–112. https://doi.org/10.29313/ethos.v11i2.8985
Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori & landasan pendidikan kewarganegaraan. Alfabeta.
Widiana, I. W., Gading, I. K., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2023). Validasi penyusunan instrumen penelitian pendidikan. PT RajaGrafindo Persada.
Winarni, E. W. (2018). Penelitian kuantitatif kualitatif. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v7i2.98056
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|