Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas melalui Pelatihan Materi Olimpiade Matematika SMA

Made Tantrawan, Erni Widiyastuti, Sri Wahyuni, Nanang Susyanto, Noorma Yulia Megawati, Zenith Purisha, Ari Dwi Hartanto, Uha Isnaini, Iwan Ernanto, Hadrian Andradi, Rahmasari Nur Azizah

Abstract


Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan mengajar guru-guru dalam bidang matematika, sejalan dengan standar kompetensi guru yang ditetapkan pemerintah dalam Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, Departemen Matematika Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Purwokerto mengadakan workshop pelatihan olimpiade matematika yang ditujukan kepada guru-guru Matematika yang tergabung dalam MGMP Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas. Workshop ini telah dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober 2024 di SMAN 3 Purwokerto. Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari program PkM yang telah diinisiasi oleh Departemen Matematika UGM sejak 2017. Dukungan berkelanjutan ini diharapkan dapat memperkuat keterampilan guru dalam penguasaan konsep matematika dan aplikasinya dalam pembelajaran di kelas, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di kabupaten Banyumas.

Keywords


Olimpiade; Matematika; Pendidikan Berkualitas; Pelatihan Guru; Kompetensi Guru

Full Text:

PDF
rticle

References


Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional. (2023). Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 jenjang SMA/MA. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, M. H. (2008). Content knowledge for teaching: What makes it special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389–407. https://doi.org/10.1177/0022487108324554

Darling-Hammond, L. (2000). Teacher quality and student achievement: A review of state policy evidence. Education Policy Analysis Archives, 8(1). https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000

Fitrianawati, M., & Sintawati, M. (2018). Peningkatan kompetensi guru pembimbing olimpiade matematika siswa sekolah dasar se-Kecamatan Tempel. Prosiding SNIEMAS-UAD 2018, 205–210. Retrieved from https://semnasppm.uad.ac.id/prosiding-2018/

Garet, M. S., Porter, A. C., Desimone, L., Birman, B. F., & Yoon, K. S. (2001). What makes professional development effective? Results from a national sample of teachers. American Educational Research Journal, 38(4), 915–945. https://doi.org/10.3102/00028312038004915

Heleni, S., Armis, Kartini, & Andriani, S. (2024). Pembinaan guru pembimbing olimpiade sains nasional bidang matematika SMA/MA Kecamatan Siak. Journal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(4), 467–475. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i4.332

Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kementerian Pendidikan Nasional.

Mauliddin. (2018). Pelatihan olimpiade matematika pada guru matematika madrasah ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575

Pujiastuti, E., Suyitno, A., Sugiman, S., & Sugiharti, E. (2022). Peran aktif guru pelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan problem solving pada siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 638–643. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54612

Putra, S., Zulkarnain, & Mu’tmara, K. (2020). Pelatihan penggunaan software Maple dalam meningkatkan pemahaman materi OSN teori bilangan dan aljabar bagi guru matematika tingkat SMA se-Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i2.1062

Siregar, R. F., Hafiz, M., Anisa, Y., Zuhanda, M. K., & Desniarti. (2023). Pendampingan pelatihan guru-guru sekolah dasar dalam mempersiapkan olimpiade di Sekolah Dasar (SD) Darrussalam. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.8105583

Sriliana, I., Rizal, J., Swita, B., Novianti, P., & Sunandi, E. (2018). Analisis uji-t berpasangan untuk melihat pengaruh pembinaan olimpiade matematika dalam meningkatkan kemampuan siswa. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 13(2). https://doi.org/10.33369/dr.v13i2.4240

Tandisau, A. L., & Murniarti, E. (2021). Kompetensi guru pembina dalam memberikan pelatihan dan pembimbingan siswa KSN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 46–58. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2

Tohir, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru pembina olimpiade matematika siswa sekolah menengah pertama Kabupaten Madiun. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/kuj3p

Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826

Zeitz, P. (2016). The art and craft of problem solving (3rd ed.). Wiley.




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v7i2.95193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595