Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Matematika SMA/MA Kabupaten Banyumas melalui Pelatihan Materi Olimpiade Matematika SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional. (2023). Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 jenjang SMA/MA. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, M. H. (2008). Content knowledge for teaching: What makes it special? Journal of Teacher Education, 59(5), 389–407. https://doi.org/10.1177/0022487108324554
Darling-Hammond, L. (2000). Teacher quality and student achievement: A review of state policy evidence. Education Policy Analysis Archives, 8(1). https://doi.org/10.14507/epaa.v8n1.2000
Fitrianawati, M., & Sintawati, M. (2018). Peningkatan kompetensi guru pembimbing olimpiade matematika siswa sekolah dasar se-Kecamatan Tempel. Prosiding SNIEMAS-UAD 2018, 205–210. Retrieved from https://semnasppm.uad.ac.id/prosiding-2018/
Garet, M. S., Porter, A. C., Desimone, L., Birman, B. F., & Yoon, K. S. (2001). What makes professional development effective? Results from a national sample of teachers. American Educational Research Journal, 38(4), 915–945. https://doi.org/10.3102/00028312038004915
Heleni, S., Armis, Kartini, & Andriani, S. (2024). Pembinaan guru pembimbing olimpiade sains nasional bidang matematika SMA/MA Kecamatan Siak. Journal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(4), 467–475. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i4.332
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Kementerian Pendidikan Nasional.
Mauliddin. (2018). Pelatihan olimpiade matematika pada guru matematika madrasah ibtidaiyah di KKM-MI I Kediri Kuripan Lombok Barat. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1), 55–62. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.575
Pujiastuti, E., Suyitno, A., Sugiman, S., & Sugiharti, E. (2022). Peran aktif guru pelajaran matematika dalam meningkatkan kemampuan problem solving pada siswa SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 638–643. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54612
Putra, S., Zulkarnain, & Mu’tmara, K. (2020). Pelatihan penggunaan software Maple dalam meningkatkan pemahaman materi OSN teori bilangan dan aljabar bagi guru matematika tingkat SMA se-Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 3(2), 145–153. https://doi.org/10.36341/jpm.v3i2.1062
Siregar, R. F., Hafiz, M., Anisa, Y., Zuhanda, M. K., & Desniarti. (2023). Pendampingan pelatihan guru-guru sekolah dasar dalam mempersiapkan olimpiade di Sekolah Dasar (SD) Darrussalam. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.8105583
Sriliana, I., Rizal, J., Swita, B., Novianti, P., & Sunandi, E. (2018). Analisis uji-t berpasangan untuk melihat pengaruh pembinaan olimpiade matematika dalam meningkatkan kemampuan siswa. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 13(2). https://doi.org/10.33369/dr.v13i2.4240
Tandisau, A. L., & Murniarti, E. (2021). Kompetensi guru pembina dalam memberikan pelatihan dan pembimbingan siswa KSN. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 46–58. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2
Tohir, M. (2019). Peningkatan kompetensi guru pembina olimpiade matematika siswa sekolah menengah pertama Kabupaten Madiun. As-Sidanah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–2. https://doi.org/10.31219/osf.io/kuj3p
Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826
Zeitz, P. (2016). The art and craft of problem solving (3rd ed.). Wiley.
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v7i2.95193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|