Mendorong Terciptanya Masyarakat Inklusif dengan Pelatihan Bahasa Isyarat Tingkat Dasar di Kampung Jonasan, Pucangsawit, Surakarta
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Asriandhini, B., & Rahmawati, C. H. (2021). Bahasa isyarat Indonesia sebagai konstruksi identitas dan citra sosial tuli di Purwokerto. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(1). https://doi.org/10.31506/jrk.v12i1.10059
Borman, R. I., Priyopradono, B., & Syah, A. R. (2018). Klasifikasi objek kode tangan pada pengenalan isyarat alphabet Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA), 1–4. https://doi.org/10.31227/osf.io/c7v2z
Bramantyo, B. D., & Fitriani, D. R. (2019). Proses pembentukan self esteem dan self identity pada teman tuli di organisasi Gerkatin Depok. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.914
Khairun Nisa, M., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Khusus, A. B., & Rungu, T. (2023). Penerapan bahasa isyarat dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus tuna rungu. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), 2(1), 29–43. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1749
Kissya, V. (2022). Penggunaan bahasa isyarat dalam komunikasi antara penyandang tuna rungu, guru, serta keluarga di Sekolah Luar Biasa Pelitah Kasih Rumah Tiga Ambon. Hipotesa, 16(1), 20–28.
Masithah, S. A., Lestari, D. A., & Nursal, S. (2023). Meningkatkan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus kepada masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan bahasa isyarat agar mewujudkan pendidikan yang inklusif. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(4), 1241–1250. https://doi.org/10.54082/jamsi.820
Maulida, D. K. (2017). Bahasa isyarat Indonesia di komunitas Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia [Skripsi sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. Repository UIN Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/48732/1/DIYAH%20KARDINI%20MAULIDA%20-%20FDK.pdf
Mursita, R. A. (2015). Respon tunarungu terhadap penggunaan sistem Bahasa Isyarat Indonesa (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam komunikasi. Inklusi, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.14421/ijds.2202
Nugraheni, A. S., Husain, A. P., & Unayah, H. (2023). Optimalisasi penggunaan bahasa isyarat dengan SIBI dan BISINDO pada mahasiswa difabel tunarungu di Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Holistika, 5(1), 28–33. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.28-33
Perdana, P. R., Meiliawati, F., Rukmayadi, Y., Syafaat, S., & Ardianto, T. (2022). Efektivitas pelatihan bahasa isyarat dasar bagi calon guru inklusi di wilayah Provinsi Banten. Journal of Disability Studies and Research (JDSR), 1(1), 14–27.
Yatmiko. (2015). Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Journal of Primary Education, 4(2), 77–84.
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v7i2.84860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|