Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Mendesain Local Instruction Theory untuk Mendukung Pembelajaran Inovatif pada Kurikulum Merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfath, A., Azizah, F. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 42-50. doi: https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Ayu, F., & Syarifuddin, H. (2021). Jurnal basicedu. 5(6), 6339–6348. Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Education Fkip Unma, 7(3), 1075-1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279.
Doorman, M. (2019). Design and research for developing local instruction theories. Avances de investigación en educación matemática, (15), 29-42.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. 236–243. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.
Gravemeijer, K., & Van Eerde, D. (2009). Design research as a means for building a knowledge base for teachers and teaching in mathematics education. Elementary School Journal, 109(5), 510–524 https://doi.org/10.1086/596999.
Hartatik, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui in House Training (IHT) Di SDN Tlekung 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 318-339. Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. 5(2), 185–194. doi: https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360.
Hered, F., Bentri, A., Fauzan, A., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Local Instructional Theory Topik Perbandingan Berbasis Pendekatan RME Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3321-3333. DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1304.
Johnson, M., & Griffin, A. (2023). Student Experiences of Online Problem-Based Learning in an Interdisciplinary Dietetic and Engineering Environment. Journal of Experiential Education, 10538259231193100.
Judiani, S. (2011). Kreativitas dan kompetensi guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 56-69. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar: Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360.
Kemendikbud RI. (2022). Buku Saku Tanya Jawab kurikulum Merdeka.
Komalasari, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2021). Analisis desain didaktis segiempat yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23-35. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.502.
Manalu, B. J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mantra, I. B. N., Pramerta, I. G. P. A., Arsana, A. A. P., Puspadewi, K. R., & Wedasuwari, I. A. M. (2022). Persepsi guru terhadap pentingnya pelatihan pengembangan dan pelaksanaan kurikulum merdeka. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6313-6318. https://doi.org/10.47492/jip.v3i5.2073.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016, February). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).
Prahmana, R.C.I., & Kusumah, Y.S. (2016). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education using Research-Based Learning. Pedagogika, 123 (3),42-45.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.
Rosni, R. (2021). Kompetensi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 113. doi: https://doi.org/10.29210/1202121176.
Simon, M. A., & Tzur, R. (2004). Explicating the Role of Mathematical Tasks in Conceptual Learning: An Elaboration of the Hypothetical Learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 91–104. https://doi.org/10.1207/s15327833mtl0602 .
Simon, M. A. (2018). An emerging methodology for studying mathematics concept learning and instructional design. The Journal of Mathematical Behavior, 52, 113-121.
Simon, M. A., & Tzur, R. (2012). Explicating the role of mathematical tasks in conceptual learning: An elaboration of the hypothetical learning trajectory. In Hypothetical learning trajectories (pp. 91-104). Routledge.
Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1).
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. 9(2), 58–64. doi:https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110927.
Wilson, P. H., Mojica, G. F., & Confrey, J. (2013). Learning trajectories in teacher education: Supporting teachers’ understandings of students’ mathematical thinking. The Journal of Mathematical Behavior, 32(2), 103-121. doi: https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2012.12.003.
Witarsa, R. (n.d.). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. 4(1), 178–184. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.142
Yasin, A. F. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik guru pendidikan Agama islam di madrasah (studi kasus di MIN Malang I). El-Qudwah.
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v6i1.79530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|