Pendampingan Publikasi Ilmiah sebagai Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SMK di Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelman, C. (1993). Kurt Lewin and the Origins of Action Research. Educational Action Research, 1(1), 7–24. https://doi.org/10.1080/0965079930010102
Armansyah, Saputro, H., & Rohman, N. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL PRAKTIK PADA MATA PELAJARAN PEMESINAN MELALUI PENGGUNAAN WORK PREPARATION SHEET SISWA KELAS XI TPM 1 SMK PANCASILA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. VANOS Journal of Mechanical Engineering, 2(1), 55–64. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/mechanical/index
Demirkasimoglu, N. (2010). Defining Teacher Professionalism from Different Perspectives. Procedia Social and Behavioral Sciences, 9, 2047–2051. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.444
Elliott, J. (1991). Action Research for Educational Change, Developing teachers and teaching (p. 163). https://books.google.com/books?id=TX5EBgAAQBAJ&pgis=1
Fadillah, I., Lutfienzy A, M. F. E. K., Shalahuddin, M., Setiawan, I., N, A., M, H., Niffa A, R. S., & Fikri, K. (2019). Perubahan Pola Pikir Masyarakat tentang Sampah melalui Sosialisasi Pengolahan Sampah Organik dan Non Organik di Dusun Pondok, Kecamatan Gedangsari, Kab. Gunungkidul. Prosiding Konferensi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 239–242. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/abdimas/article/view/201/199
Fajri, F., Wijayato, D. S., & Widiastuti, I. (2018). Penggunaan Work Preparation Sheet Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Praktik Kerja Bangku pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di Kelas X SMKN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional UNS Vocational Day, 1(2013), 213–219.
Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;
Kasmayadi, W., Kumaidi, K., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan instrumen asesmen diri guru terhadap aktivitas pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1). https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.8290
Kemmis, S., & R, M. (1988). The action research planner (3rd ed.). Deakin University.
Larasati, R. T. (2014). FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DALAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI LEMPUYANGWANGI YOGYAKARTA [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/13854/1/Rahma Titi Larasati_09108241038.pdf
McKernan, J. (1996). Curriculum Action Research: A Handbook of Methods and Resources for the Reflective Practitioner. Kogan Page.
Menpan & RB. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 16/2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 34, Tahun 2018, tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK.
Prakash Pillai R Shaji. (2017). Analysis of Training Needs of Vocational Trainers in Skill Development- A Case Study From Vhse , Kerala. International Seducation and Research Journal (IERJ), 2016–2018.
Puspitasari, E., Setyosari, P., & Amirudin, A. (2016). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MELALUI THINK PAIR SHARE (TPS) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan, 1(2012), 1432–1436.
Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24565
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14, Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.
Wijaya, R. S., Akhyar, M., & Sriwardani, N. (2019). Analisis Penggunaan Work Preparation Sheet dan Peran Instruktut Terhadap Ketrampilan Membuat Ulir Square Pada Mata Pelajaran Praktik Operasi Mesin Bubut Lanjut Siswa SMK Bhineka Karya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(1), 23–34.
Windrawanto, Y. (2015). PELATIHAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN GURU: SUATU TINJAUAN LITERATUR. Satya Widya, 31(2). https://doi.org/10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p90-101
Yee, T. Y., & Yoon, M. T. (2018). Evaluation of Cooperative Learning: Does It Enhance Learning Among the Gen Z Learners? July, 28–38. https://doi.org/10.17501/icedu.2018.4104
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.66596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|