Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Untuk Siswa Sekolah Dasar

Siwi Utaminingtyas, Atika Dwi Evitasari

Abstract


Saat ini dunia tengah menghadapi masalah global yang harus dihadapi bersama, yaitu pandemi covid-19. Kegiatan dan proses pembelajaran dikemas secara online (daring) dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Perubahan penyampaian pembelajaran secara daring menyebabkan munculnya berbagai permasalahan, misalnya keterbatasan internet, kurang tersedianya HP/ komputer, dan masalah terbesarnya adalah tidak tersampainya materi pembelajaran ke peserta didik secara utuh. Untuk itu, kami mendukung upaya Pemerintah yang selalu mengupayakan dan mencari solusi agar kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik selama pandemi, yaitu dengan melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat, tepatnya pada siswa Sekolah Dasar, dengan memadukan pembelajaran daring dengan tatap muka yang disebut dengan Blended Learning model flipped classroom. Pengabdian kami laksanakan secara bertahap melalui metode ceramah, pemodelan, tanya jawab, diskusi, dan praktik. Bapak Ibu guru terlibat aktif dalam diskusi, mempraktekkan cara pengelolaan pembelajaran dengan blanded learning model flipped classroom dan menerapkan di kelas. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan di kelas secara tatap maya, terlihat sekali perbedaan sebelum menerapkan model blanded learning. Peserta didik lebih termotivasi dalam belajar; peserta didik lebih leluasa dalam mengkaji sebuah materi pembelajaran secara mandiri; terhindarnya salah persepsi dalam memahami materi pembelajaran, karena di bagian akhir pembelajaran/ refleksi guru dan peserta didik melakukan diskusi secara tatap maya untuk membahas materi pembelajaran lebih dalam.

Full Text:

PDF
rticle

References


Bergmann, J., & Samsa , A. (2012). Flipped Your Classroom: Reach Every Student In Every Class Every Day. USA: ISTE

Brent, J.G. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.

Bonk, C.J., & Graham, C.R. (2006). The Handbook of Blended learning. USA: Pfeiffer

Chaeruman, U. (2017). Pedati Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Jakarta: Ristekdikti.

Driscoll, M. (2002). Blended Learning: Let’s Get beyond the Hype. IBM Global Services.

Dziuban, dkk. (2018). Blended Learning: The New Normal and Emerging Technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, Volume 15 Nomer 3, Hal: 1–16. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Handarini, O.I., & Wulandari, S.S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Volume 8 Nomer 3, Hal : 496 – 503.

Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kalantarrashidi, dkk. (2015). Effect of Blended Learning Classroon Environment on Student’s Satisfaction. Journal of Educaion and Training Studies, Volume 3 Nomer 5, Hal : 225 –230. https://doi.org/10.11114/jets.v3i5.1013

Muzyka J.L., & C.S. Luker (2016). The Flipped Classroom Volume 1: Background and Challenges ACS Symposium Series. American Chemical Society: Washington, DC. https://doi.org/10.1021/bk-2016-1223

Saunders, M.J. (2014). The Flipped Classroom: Its Effects on Student Academic Achievement, and Critical Thinking Skills in Mathematics in High Schools. Liberty University.

Steele, K. M. (2013). The Flipped Classroom: Cutting-Edge, Practical Stategies To Successfully "Flip" Your Classroom. Online.

Sukarno. (2011). Blended Learning Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) Kependidikan Bagi Guru dalam Jabatan. Jurnal Didaktika Dwija Indria, Volume 1 No 2, Hal: 1 – 11.

Oktaria, S.D., dkk. (2018). Model Blended Learning. Banjarwangi : Ganjar Tanam.

Wardani, D.N., Toenlio, A.J.E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, Volume 1 Nomer 1, Hal: 13 -18.

Widiara, I.K. (2018). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Agama dan Budaya, Volume 2 Nomer 2, Hal: 50 – 56.

Yulietri, F., & Mulyoto, M. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Teknodika, Vol 13 No 2, Hal 1 – 17. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.85




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i1.55632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595