PENDAMPINGAN TPCK: TEKNOLOGI, PEDAGOGI DAN PENGETAHUAN BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SD DI KECAMATAN KEBUMEN
Abstract
Guru yang profesional di era revolusi industri 4.0 harus mampu mengintegrasikan pemanfaatan teknologi dan meningkatkan kompetensi guru perlu dilakukan pendampingan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Tujuan Program Kemitraan Masyarakat adalah 1) Pendampingan penguasaan literasi Technological Knowledge (TK), 2) literasi Content Knowledge (CK), 3) penguasaan literasi Pedagogical Knowledge (CK) bagi calon guru SD. Manfaat pengabdian bagi guru SD mengalami pengembangan dan peningkatan berpikir secara kritis, analitik, mengevaluasi informasi, pemecahan masalah, dan penguasaan TPCK. Metode pengabdian partisipatif kelompok dan individu, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan, penerapan dan monitoring. PKM dilaksanakan dengan mitra SDN 1 Kutosari pada tanggal 2-4 Juli 2020, dan diikuti 20 orang guru perwakilan dari beberapa SD di kecamatan Kebumen. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat peserta antusias dan aktif mengikuki kegiatan sampai selesai. Peserta mengaplikasikan teknologi google phet simulation, pemantapan materi 5 mata pelajaran dan pembuatan soal HOTs. Kesimpulan kegiatan pendampingan TPCK sangat bermanfaat bagi pembelajaran di SD khususnya di masa pandemic covid 19.
Kata kunci: TPCK, literasi, kompetensi, guru SD
Full Text:
PDFReferences
Afandi & Sajidan (2017). Stimulating Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Abad 21. (Stimulating Higher Order Thinking Skill: The Concept and Its Implementation in 21st Century Learning). Surakarta: UNS Press.
Jimoyiannis A. 2010. Designing and implementing an integrated technological pedagogical science knowledge framework for science teachers professional development. Computers And Education 55 1259-1269. www.elsevier.com
Mishra,P,& Koehler.M.J. 2006. Tecnological pedagogical content knowledge: A framework for integrating technology in teacher knowledge. Teacher CollegeRecord, 108(6), 1017-1054
Schneider,R.M and Plasman,K. 2011. Science Teacher Learning Progression: a Review of science teachers’ pedagogical contein knowledge development. Review of Educational Research 81, 530-565
Shulman,L . 1986, Those Who Understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher, 15 (2), 4-14
Shulman,L.S. 1987. Knowledge and Teaching; Foundation of The New Reform. Harvard Educational Review, 57 (1) 1-22
DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.45226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
|