LITERASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEHAT BAGI FORUM ANAK SURAKARTA

Siany Indria Liestyasari, Okta Hadi Nurcahyono, Dwi Astutik, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Gencarnya serangan media sosial dalam kehidupan manusia dewasa ini yang saat ini sungguh tidak bisa dielakkan. Berbagai persoalan dan masalah timbul seiring dengan penggunaan media sosial di masyarakat. Banyak pro dan kontra terkait dengan munculnya berbagai dampak digunakannya media sosial. Kasus-kasus pornografi, penculikan, bahkan terorisme, bullying dan body shaming di media sosial turut ditengarai karena tidak bijaknya para pengguna media sosial, khususnya para remaja. Artikel ini merupakan hasil dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Riset Group Habitus dengan Forum Anak Surakarta. Pengabdian ini bertujuan untuk memeberikan pemahaman atau literasi kepada remaja dan anak terkait penggunaan media sosial sehat. Remaja sebagai pengguna media sosial yang paling aktif oleh karenanya perlu dibekali dengan berbagai pemahaman yang positif terkait bagaimana penggunaan media sosial yang sehat. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan berupa ceramah dan diskusi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa keberadaan media sosial saat ini memang sudah menjadi kesatuan bagi anak khususnya dalam Forum Anak Kota Surakarta. Dalam kegiatan yang sudah dilakukan diperoleh hasil bahwasannya anak dalam kesehariannya banyak menggunakan waktunya untuk menggunakan media sosial. Keseharian anak sudah dibelenggu oleh keberadaan media sosial itu sendiri

Full Text:

PDF
rticle

References


Adriana Grahani Firdausy. 2019. Makalah disampaikan dalam Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Sehat Bagi Forum Anak di Kota Surakarta.

Ariyani, N. I., & Nurcahyono, O. (2014). Digitalisasi Pasar Tradisional: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 1–12.

Detta Rahmawan, S. Kunto Adi Wibowo, E. M. (2012). Pelatihan Literasi Media Sosial Terkait Penanggulangan Hoaks Bagi Siswa Sma Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12).

Fitryarini, I. (2017). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman I Fitryarini Jurnal Komunikasi 8 (1), 51-67. 8(November), 51–67.

Scheibe, C., & Rogow, F. (2014). What Is Media Literacy? The Teacher’s Guide to Media Literacy: Critical Thinking in a Multimedia World, 19–34. https://doi.org/10.4135/9781483387581.n3

Siyamitri, P. (2015). Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Medan. Jurnal Simbolika/Volume 1/Nomor 2/September 2015, 1(September), 161–176.

Wahyu Kusumananda Putri. 2018. Riset Ungkap Pola Pemakaian Medsos Orang Indonesia. Kompas.com, diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2018/03/01/10340027/riset-ungkap-pola- pemakaian-medsos-orang-indonesia.

We Are Social. (2018). Digital in 2018 in Southeast Asia. Diambil dari

https://www.slideshare.net/

wearesocial/digital-in-2018-in-southeast-asia- part-2-southeast-86866464




DOI: https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.37834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



DEDIKASI: Community Service Reports 
Online ISSN: 2715-5706
Website: https://jurnal.uns.ac.id/dedikasi
Email: salimi@staff.uns.ac.id
Published by: Universitas Sebelas Maret
Ir. Sutami Street, No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126- Phone 0271-642595