The Competitiveness of Red Onion Production In Brebes, Central Java

Joko Sutrisno, Sugihardjo Sugihardjo

Abstract

Tujuan dari penelitian inin adalah untuk mengetahui dampak penggunaan bibit bawang merah impor terhadap produktivitas, keuntungan dan daya saing bawang merah di Kabupaten Brebes. Metode analisis yang digunakan adalah Matriks Analisis Kebijakan (Policy Analysis Matrix/PAM). Metode ini dapat untuk mengetahui efisiensi ekonomi, daya saing dan dampak kebijakan pemerintah terhadap sistem usahatani bawang merah. Data yang digunakan adalah data primer (hasil wawancara dengan petani) dan sekunder dari instansi terkait (BPS, Deperindag, Deptan, FAO, Bank Indonesia dan World Bank). Dari hasil analisis diketahui usahatani bawang merah pada dasarnya masih menguntungkan Petani yang menggunakan bibit bawang merah impor menghasilkan produksi dan keuntungan (privat dan social) lebih tinggi dibanding yang menggunakan varietas lokasl. Disamping itu juga diketahui adanya kebijakan pemerintah di pasar input telah menyebabkan petani membeli input dengan harga yang lebih tinggi disbanding harga sesungguhnya.

Keywords

benih impor; local; produktivitas; keuntungan; daya saing

Full Text:

PDF

References

Acocella,N. 1998. The Foundations Of Economic Policy (Values and Techniques). Cambridge University Press. Cambridge.

Monke, E.A. and Pearson, S.R. 1994. The Policy Analysis Matrix For Agricultural Development. Cornell University Press. Ithaca and London.

Pearson, S., Gotsch, C. and Bahri, S. 2004. Applications of The Policy Analysis Matrix in Indonesian Agriculture. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.

Ritson, C. 1978. Agriculture Economics Principles and Policy. Granada Publishing. London.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.