Kajian Volume Pemberian Air dan Dosis Pengapuran Terhadap Ketersediaan P pada Tanaman Jagung Bayi (Zea mays L) di Tanah Alfisol

Supriyadi Supriyadi, Sudjono Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume air dan dosis pengapuran terhadap ketersediaan P di tanah Alfisols dengan indikator dan jagung bayi (Zea mays L), dan interaksi antara kedua faktor perlakuan tersebut, dilakukan di rumah kaca Fakultas Pertanian UNS.

Rancangan yang digunakan adalah RAL Faktoral 3 x 4 yang terdiri atas 2 faktor dengan 3 kali ulangan, sehingga diperolah 12 kombinasi perlakuan. Faktor I adalah volume pemberian air (V) terdiri dari 3 taraf, yaitu volume pemberian air hingga kadar air 28%, 35%, dan 42%. Faktor II adalah dosis pengapuran (K) terdiri dari 4 taraf yaitu 0, 1, 2, 3 ton/ha. Analisis statistik digunakan Uji F dan Uji kontras orthogonal polinomial.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peningkatan volume pemberian air dan dosis pengapuran berpengaruh meningkatkan ketersediaan P di tanah Alfisols, interaksi antara keduanya adalah prinsip.

Keywords

volume pemberian air; dosis pengapuran; jagung

Full Text:

PDF

References

Anonim. 1992. Sweet Corn Baby Corn. Penebar Swadaya. Jakarta.

Buckman dan Brady. 1982. Ilmu Tanah. Terjemahan Prof. Soegiman. Bharata Karya Aksara. Jakarta.

Darmawijaya, M.I. 1980. Klasifikasi Tanah. BPTK Gambung. Bandung.

Hardjowigeno, S. 1992. Ilmu Tanah. PT. Media Tama Sarana Perkasa. Jakarta.

Muhadjir, F. 1988. Karakteristik Tanaman Jagung. Balai Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.