Pemberdayaan Peternak Sapi Perah Melalui Kredit Implikasinya Terhadap Distribusi Pendapatan

Endang Siti Rahayu

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kinerja ekonomi, maka prioritas pemerintah dalam upaya pengembangan unit-unit produksi di tingkat usaha kecil menengah di semua sektor adalah memberikan dukungan perluasan akses terhadap kredit sebagai jawaban terhadap kemandegan perbankan dan sektor lembaga keuanagn lainnya. Salah satu sektor yang dijadikan sasaran dalam upaya itu adalah UKM sektor pertanian yaitu subsektor peternakan dengan kucuran kredit untuk peternak sapi perah melalui skim kredit KKPA yang disalurkan oleh perbankan di Kabupaten Boyolali. Pemberdayaan petani peternak sapi perah melalui skim kredit tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi dimana dalam masa krisis sektor pertanian telah terbukti mampu bertahan terhadap badai krisis dan kebutuhan akan produksi susu yang semakin meningkat.  Pemberdayaan itu dimaksudkan untuk merangsang kembali roda perekonomian di pedesaan, menaikkan pendapatan bagi petani peternak supaya mampu keluar dari krisis. Kajian ini mencoba menelaah program itu apakah memberikan dampak yang positif terhadap kenaikkan pendapatan dan mampu menggeser ketipangan pendapatan di kalangan peternak, karena fenomena yang ada menunjukkan bahwa kemampuan dan sumberdaya yang dimiliki peternak beragam sehingga dengan program itu diharapkan akan menjadi salah satu perekat dalam menghilangkan adanya gap yang cukup tajam diantara peternak.

Keywords

petani peternak; sapi perah; pemberdayaan; kredit; pendapatan

Full Text:

PDF

References

Suryana, A. 1985. Perencanaan Nasional dalam Pengembangan Agribisnis di Indonesia. Majalah Pangan No. 24 Vol. IV 1985.

Anonymous. 1999. Kebijakan dan Strategi Pengembangan Usaha Persusuan Secara Integral. Makalah pada Lokakarya Perencanaan Strategis Koperasi Persusuan, GKSI dan Canadian Cooperative Association (CCA). Departemen Pertanian Dit-Jen Peternakan. Depok. Jakarta.

Anonymous. 2000. Kabupaten Boyolali Dalam Angka. Bappeda dan BPS. Boyolali.

Anonymous. 2000. Jawa Tengah Dalam Angka. BPS Propinsi Jawa Tengah. Semarang.

Bank Indonesia. 1997. Sejarah Peranan Bank Indonesia Dalam Pengembangan Usaha Kecil. BI-Urusan Krediat. Jakarta.

Bank Indonesia. 1998. Materi Pelatihan Petugas Pendamping Usaha Mikro. BI-Asian Development Bank. Jakarta.

Saragih, B. 1998. Strategi Pengembangan Pertanian Pasca Orde Baru. Usahawan Indonesia No. 10/TH XXVII Oktober 1998.

Chotim, Erna Ermawati. 1997. Diskusi Ahli: Pemberdayaan dan Replika Aspek Finansial Usaha Kecil di Indonesia. Yayasan Akatiga. Bandung.

Ronald, C. 1991. Pengusaha Kecil dan Menengah di Asia Tenggara. LP3ES. Jakarta.

Silitong, C. 1995. Kebijaksanaan Pemerintah dalam Pengembangan Agribisnis. Majalah Pangan No. 24 Vol. IV-1985.

Raharjo, D. 2000. Apresiasi Pembinaan Industri dan Dagang Kecil. Makalah dalam Kegiatan Apresiasi Pengembangan Jaringan. Lembaga Perguruan Tinggi Pembina IPKM di Yogyakarta.

Raharjo, D. 2001. Kebijakan Daerah dalam Mendorong Peningkatan Pendapatan Asli Daerah dan Mengantisipasi Era Globalisasi. Makalah Seminar Sewindu PERSEPSI. Klaten.

Raharjo, D. 2001. Industri Kecil dan Dimensi Pemerataan. Usahawan No. 09/TH XXX September 2001. FE-UI. Jakarta.

Sumodiningrat, G. 1987. Prospek Petani Kecil dalam Prospek Pedesaan 1987. P3PK-UGM. Yogyakarta.

Sumodiningrat, G. 1997. Pelayanan Kredit untuk Masyarakat Lapisan Bawah dalam Pemberdayaan dan Replikasi Aspek Finansial Usaha Kecil di Indonesia. Yayasan Akatiga. Bandung.

Sumodiningrat, G. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sumodiningrat, G. 2001. Kepemimpinan dan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Pidato Pengukuhan Guru Besar pada Fakultas Ekonomi UGM. Yogyakarta.

Dillon, H.S. 1998. Strategi Pengembangan Pasar Agribisnis. Usahawan Indonesia No. 10/TH XXVI Oktober 1998.

Kristanto, K., Saleh, A.K., dan Perebonan, S. 1985. Peranan Peternakan dan Pertanian Lahan Kering dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga dalam Peluang Kerja dan Berusaha di Pedesaan. BPFE untuk P3PK UGM. Yogyakarta.

Mubyarto, Sutrisno, L., dan Sumodiningrat, G. 1985. Kredit Pedesaan dan Peranannya dalam Penciptaan Peluang Bekerja dan Berusaha di Pedesaan. BPFE untuk P3PK-UGM. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.