TAMPILAN PRODUKSI KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) JANTAN YANG DIBERI PAKAN SUPLEMEN UREA MOLLASSES MINERAL BLOK PLUS ANTIHELMINTIC AGENTS (UMMB PLUS)

Lutojo Lutojo, Heru Irianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan UMMB Plus terhadap performan/tampilan produksi kambing PE jantan. Materi yang digunakan adalah kambing PE jantan sebanyak 15 ekor yang dibagi dalam tiga macam perlakuan dan lima ulangan. Adapun perlakuan yang diberikan adalah P0 (60 hijauan), P1 (hijauan + konsentrat), dan P2 (hijauan + UMMB Plus). Parameter yang diamati meliputi konsumsi pakan, pertambahan bobot badan harian (PBBH), konversi pakan, dan feed cost per gain. Data konsumsi, PBBH dan konversi pakan dianalisis variansi Rancangan Acak Lengkap (RAL), sedangkan untuk feed cost per gain diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dari ketiga perlakuan yaitu P0, P1, dan P2 berturut-turut untuk konsumsi bahan kering harian (kg) 0,42, 0,86, dan 0,63, PBBH (kg/hari) 0,01; 0,05; 0,02, konversi pakan 42,00, 17,28, dan 31,62. Sementara untuk feed cost per gain (Rp) 52.500,00, 30.282,21, 91,327,21. Hasil analisis variansi untuk konsumsi BK, PBBH, dan konversi pakan menunjukkan adanya perbedaan yang nyata. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan pakan supplemen UMMB Plus memberikan tampilan produksi kambing PE jantan yang lebih baik disbanding pemeliharaan dengan pakan hijauan, akan tetapi lebih rendah disbanding penggunaan konsentrat.

Keywords

kambing PE jantan; UMMB plus; tampilan produksi

Full Text:

PDF

References

Anggorodi, R. 1990. Ilmu Makanan Ternak Umum. PT Gramedia. Jakarta.

Guan, Y.Y., Huang, F., Fang, W.Y., Wen, Q.Y., Lu, Y., Pang, N.B., Pan, B.N., dan Li, J.C. 2001. Effect of Molasses-urea Block Supplementation on Growth Rateof Indoor Fed Goats. China Herbivores, 21(1): 34-35.

Hasan, F. 2009. Pengaruh Penggunaan Ampas Tahu dalam Ransum Terhadap Performan Domba Lokal jantan. Skripsi S1 Fakultas Peternakan Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Kamal, M. 1997. Nutrisi Ternak I. Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Kartadisastra, H.R. 1997. Penyediaan dan Pengolahan Pakan Ternak Ruminansia. Kanisius. Yogyakarta.

Makkar, H.P., Sanches, M., dan A.W. Speedy. 2007. Feed Supllementation Blocks. Urea-molasses Multinutrient Blocks: Simple and Effective Feed Supplement Technology for Ruminant Agriculture. FAO Animal Production and Health. Rome.

Parakkasi, A. 1999. Ilmu Nutrisi dan Makanan ternak Ruminansia. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Rasyaf, M. 1994. Beternak Ayam Pedaging. PT Kanisius. Yogyakarta.

Siregar, S. 1994. Ransum Ternak Ruminansia. Penebar Swadaya. Jakarta.

Soeparno. 1994. Ilmu dan Teknologi Daging. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Steel, R.G.D., dan J.H. Torrie. 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika. Edisi Ke-2. Gramedia. Jakarta.

Tillman, A.D.H., H. Hartadi, S. Reksohadiprodjo, S. Prawirokusumoo, dan S. Lebdosoekojo. 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.