ANALISIS PENAWARAN JAGUNG DI JAWA TENGAH

Setyowati Setyowati, Mei Tri Sundari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran jagung di Jawa Tengah serta untuk menganalisis tingkat kepekaan (elastisitas penawaran jagung di Jawa Tengah. Metode dasar yang digunakana dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu Jawa Tengah. Sedangkan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinan yang telah disesuaiakan (R2) yang menunjukkan proporsi sumbangan varabel-variabel bebas yang diduga berpengaruh terhadap penawaran jagung di Jawa Tengan adalah sebesar 54,6%. Dan dari uji F diperoleh nilai F hitung (4,608) lebih besar daripada F tabel (3,48) yang berarti bahwa seluruh variabel penduga yang digunakan dalam penelitian yaitu luas areal panen jagung pada tahun bersangkutan, produksi jagung pada tahun sebelumnya, harga jagung pada tahun sebelumnya, harga kacang tanah pada tahun sebelumnya, harga pupuk urea serta rata-rata curah hujan selama musim tanam secara bersama-sama berpengaruh terhadap penawaran jagung di Jawa Tengah. Hasil analisis uji t menunjukkan luas areal panen jagung pada tahun yang bersangkutan (At) dan curah hujan (Wt) berpengaruh secara nyata pada tingkat kepercayaan 95% terhadap penawaran jagung di Jawa Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan nilai probabilitas t hitung masing-masing variabel bebas yang lebih besar dari nilai a (0,05) pada tingkat kepercayaan 95%. Produksi jagung pada tahun sebelumnya (Qt-1), harga jagung pada tahun sebelumnya (Pt-1), harga kacang tanah pada tahun sebelumnya (Pst-1), dan harga pupuk urea (Put) memiliki probabilitas lebih besar a (0,05), hal ini berarti bahwa produksi jagung pada tahun sebelumnya (Qt-1), harga jagung pada tahun sebelumnya (Pt-1), harga kacang tanah pada tahun sebelumnya (Pst-1), dan harga pupuk urea (Put) tidak berpengaruh nyata pada tingkat kepercayaan 95% terhadap penawaran jagung di Jawa Tengah. Elastisitas penawaran jagung di Jawa Tengah dalam jangka pendek memiliki nilai elastisitas kurang dari 1 yang berarti bahwa bersifat inelastis terhadap perubahan luas areal panen jagung (At), produksi jagung tahun sebelumnya (Qt-1) dan curah hujan. Hal ini berarti bahwa persentase perubahan jumlah penawaran jagung lebih kecil daripada persentase perubahan luas areal panen jagung, produksi jagung tahun sebelumnya dan curah hujan. Dalam jangka panjang penawaran jagung bersifat elastis terhadap perubahan luas areal panen jagung dan produksi jagung tahun sebelumnya yang ditunjukkan dengan nilai elastsitas yang lebih dari satu. Hal ini berarti bahwa persentase perubahan jumlah penawaran jagung lebih besar daripada persentase perubahan luas areal panen jagung dan produksi jagung tahun sebelumnya. Sedangkan elastisitas jangka panjang penawaran jagung bersifat inelastis terhadap curah hujan. Hal ini berarti bahwa persentase perubahan jumlah penawaran jagung lebih kecil daripada persentase perubahan curah hujan.

Keywords

soybean; penawaran jagung; jawa tengah

Full Text:

PDF

References

AAK, 1999. Teknik Bercocok Tanam Jagung. Kanisius. Yogyakarta.

Ahmad, Dwi Fahrudin Ali. 2003. Respon Penawaran Jagung di Kabupaten Gunungkidul. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Boediono, 1992. Ekonomi Mikro. BPFE UGM. Yogyakarta.

BPS. 2003. Jawa Tengah Dalam Angka Tahun 2003. Biro Pusat Statistik. Semarang.

Dajan, A. 1983. Pengantar Metode Statistik. LP3ES. Jakarta.

Eny Nuridah, 2004. Analisis Penawaran Ubi Kayu di Kabuipaten Wonogiri. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Gathak, S. dan Ingershent, K., 1984.Agriculture and Economic Development. Harverter Press. Great Britain.

Gujarati, Damodar. 1997. Ekonometrika Dasar. Erlangga Jakarta.

Listiyani, 2001. Analisis Penawaran Ubi Kayu di Kabupaten Gunung Kidul. Jurnal Ilmiah Sosial Ekonomi Pertanian.

Napitulu, 2000. Bunga Rampai Pemikiran Menuju Ketahanan Pangan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Riyatun, ND. 2004. Analisis Penawaran Gaplek di Kabupaten Wonogiri. Skripsi S1. Fakultas Pertanian UNS Tidak Dipublikasikan.

Surakhmad, W. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik.Tarsito. Bandung.

Wibowo, Rudi. 2000. Pertanian dan Pangan. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.