Gambaran Kesejahteraan Psikologis Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lapas Purwodadi

Tarisa Eka Salshabella

Abstract


kesejahteraan psikologis merupakan suatu gambaran keadaan seseorang yang mengacu kepada hal positif yang di mana setiap individu mampu dalam mengembangkan potensi dalam dirinya serta mampu menilai dirinya dan kehidupannya dengan cara mengemukakan perasaannya. Dan individu juga mampu dalam mengontrol emosi nya baik didirinya, orang lain, maupun lingkungan sekitarnya. Kesejahteraan psikologi pada warga binaan pemasyarakatan sangat lah penting untuk diperhatikan. Banyak warga binaan pemasyarakatan yang melakukan hal menyimpang karena kesejahteraan psikologis yang kurang di perhatikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana psikologis warga binaan pemasyarakatan selama di dalam lapas dan mengetahui penyesuaiannya. Dalam penelitian ini menggunakan subjek 3 informan warga binaan pemasyarakatan yang bersedia tanpa paksaan, dan 3 informan tersebut disaring sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain deskriptif kualitatif dengan analisis IPA. Wawancara semi terstruktur digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih banyak sekali WBP yang memiliki gangguan dalam kesejahteraan psikologisnya, hal ini ditandai dengan perubahan perilaku seperti stress, mudah cemas, melamun, dan lain-lain. Dengan memberikan aksi positif untuk WBP maka akan lebih dapat mengurangi dampak dari kesejahteraan psikologisnya.


Keywords


dukungan sosial; kesejahteraan psikologis; perasaan; warga binaan pemasyarakatan

rticle

References


Mu’jizatullah, W. S. (2019). Pengaruh Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Pada Warga Binaan Pemasyarakatan Wanita. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2).

Besar, J. D. L. A., & Tursina, P. Upaya Meningkatkan Harapan Hidup Warga Binaan Pemasyarakatan pada Cabang Rumah Tahanan Negara.

Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan psikologis dalam masa pandemi Covid-19. Journal of Psychology" Humanlight", 1(1), 1-7.

Kusumastuti, W. (2020). Efektivitas psikoterapi profetik terhadap kesejahteraan psikologis pada warga binaan pemasyarakatan. Psyche: Jurnal Psikologi, 2(1), 94-111.

Suyati, T., Rakhmawati, E., Retnaningdyastuti, S. R., & Agustini, F. (2015). Hubungan Persepsi Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar dengan Perkembangan Sosial–Emosi Siswa dan Komunikasi Orangtua-Siswa.

Triwahyuningsih, Y. (2017). Kajian meta-analisis hubungan antara self esteem dan kesejahteraan psikologis. Buletin Psikologi, 25(1), 26-35.




DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v9i1.70951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tarisa Eka Salshabella



We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

rganiza