Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak MDVI Melaui Teknik Reinforment Positif

Nunung Nunung rohmawati

Abstract


Masalah yang dihadapi anak berkebutuhan khusus (ABK) yaitu bahasa, fisik, intelektual dan sosio-Emosional, sosio emosional merupakan adanya kekurangan dalam memahami perintah yang diintruksikan sehingga anak tidak mematuhi intruksi tersebut seperti peraturan yang telah diterapkan sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu agar mengetauhi bagaimana cara meningkatkan kepatuhan pada anak mdvi melaui teknik reinforment positif SDLB AB Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperime. Subjek dalam penelitian ini adalah anak MDVI. Hasil yang diperoleh yaitu teknik reinforment positif relavan untuk meningkatkan kepatuhan. 

Keywords


kepatuhan, reinforment positif, anak berkebutuhan khusus)

rticle

References


Amal, Islakhul, and Diana Rusmawati. 2019. “Hubungan School Well-Being Dengan Kepatuhan Menaati Tata Tertib Pada Siswa Smp N 4 Petarukan.” Jurnal EMPATI 8(1):49–54. doi: 10.14710/empati.2019.23573.

Amsari, Tira Pratama, and Rr. Dini Diah Nurhadianti. 2020. “Kontrol Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kepatuhan Santri Dalam Melaksanakan Tata Tertib.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 4(1):113–19.

Anin, Enni Elfita S. 2021. “TERTIB SEKOLAH KELAS V SD NEGERI BONMUTI AMFOANG TENGAH KABUPATEN KUPANG TAHUN.” (2017):335–41.

Baran, Sylwia, Iwona Teul-Swiniarska, Edyta Dzieciolowska-Baran, Jacek Lorkowski, and Aleksandra Gawlikowska-Sroka. 2013. “Mental Health of Polish Students and the Occurrence of Respiratory Tract Infections.” Advances in Experimental Medicine and Biology 755:275–81. doi: 10.1007/978-94-007-4546-9_35.

diah krinatuti, tin herawati, nur laili rahma dini. 2011. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kepatuhan Dan Kemandirian Santri Remaja.”

Juniartika, R. 2012. “Kepatuhan Terhadap Peraturan Sekolah Pada Siswa Di SMK XX Padang.” Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang 9(4):1–6.

Maghfiroh, Hidayatul, and Fattah Hanurawan. 2021. “Kepatuhan Santri Ndalem Pesantren Salaf Mamba’ul Hikam Kabupaten Blitar.” Seminar Nasional Psikologi UM 1(1):297–303.

Marliani, Siagian, Miftahudin. 2017. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling.” Al-Irsyad 105(2):79.

Rahmah, Fifi Nofia. 2018. “Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya.” Quality 6(1):1. doi: 10.21043/quality.v6i1.5744.

Rahmawati, Anita Dwi, and Sri Lestari. 2015. “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kepatuhan Santri Di Pondok Pesantren Modern.” 19–28.

Suseno, Yudha Eko. Murtadlo. 2018. “Jurnal Pendidikan Khusus Studi Kasus Pelaksanaan Program Toilet Training Anak Multiple Disability With Visual Impairment ( Mdvi ) Di SLB-A Ypab Surabaya Diajukan Kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Studi Kasus Pelaks.” (Mdvi):1–13.




DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v7i2.67130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nunung Nunung rohmawati



We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

rganiza