Hubungan antara Syukur dan Self-Compassion dengan Perilaku Prososial pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Hanifa Amali Hasna

Abstract


Manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain tidak akan bisa terlepas dari orang-orang di sekitarnya. Interaksi yang terjalin dalam lingkungan sosial tersebut akan menghasilkan tindakan tolong-menolong atau yang juga disebut perilaku prososial. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku prososial, dua diantaranya yakni syukur dan self-compassion.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara syukur dan self-compassion dengan perilaku prososial pada mahasiswa di Universitas Sebelas Maret. Subjek penelitian ini adalah mahasiwa Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berjumlah 380 orang yang diambil menggunakan proportional random sampling. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala syukur (α = 0.897), skala self-compassion (α = 0.902), dan skala perilaku prososial (α = 0.885).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara syukur dan self-compassion dengan perilaku prososial. Hal ini dilihat dari nilai F hitungnya adalah sebesar 59.862 (F tabel = 1.17, Fhitung> Ftabel) dan (p=0.00 < 0.05). Nilai koefisien korelasi dari penelitian ini adalah 0.491 yang artinya kekuatan hubungan antara syukur dan self-compassion dengan perilaku prososial cukup kuat. Sementara itu, nilai R squarenya adalah 0.241 yang menunjukkan bahwa besarnya konstribusi syukur dan self-compassion dengan perilaku prososial adalah 24,1%. Berdasarkan uji pearson, terdapat hubungan yang signifikan antara syukur dan perilaku prososial (p = 0.000 , p < 0.05). Sedangkan self-compassion tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial dilihat dari nilai (p= 0.264, p > 0.05). Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara syukur dan self-compassion dengan perilaku prososial, terdapat hubungan yang signifikan antara syukur dengan perilaku prososial, dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-compassion dengan perilaku prososial.


Keywords


Perilaku prososial, Self-Compassion, Syukur



DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v7i2.56477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hanifa Amali Hasna



We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret

This work is licensed under a

Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

rganiza