Hubungan Keterlibatan Orang Tua dengan Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada Siswa SMPIT Bina Insan Cendekia di Kota Pasuruan
Abstract
Kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an ditunjang oleh motivasi yang ia miliki selama proses menghafal Al-Qur’an. Motivasi pada siswa menjadi topik yang seringkali dibahas dalam dunia pendidikan. Seringkali kurang berprestasinya siswa di sekolah disebabkan oleh kurangnya motivasi yang siswa miliki, bukan karena kurangnya kemampuan siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa adalah faktor keluarga, diantaranya yaitu orang tua. Keterlibatan orang tua secara aktif dalam proses pendidikan akan berdampak secara positif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi menghafal Al-Qur’an pada siswa SMPIT Bina Insan Cendekia (BIC) di Kota Pasuruan.
Penelitian ini merupakan studi kuantitatif korelasi dengan populasi siswa SMPIT Bina Insan Cendekia di Kota Pasuruan sebanyak 271 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling sehingga sampel yang dibutuhkan adalah 152 siswa yang terdiri dari 89 siswa kelas 8 dan 63 siswa kelas 9. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala yang terdiri dari 23 aitem skala motivasi menghafal Al-Qur’an (r = 0,928) dan 22 aitem skala keterlibatan orang tua (r = 0,888).
Full Text:
PDFReferences
Aflisia, Noza. (2016). Urgensi Bahasa Arab bagi Hafizh Al-Qur'an. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 1(1) : 47-65.
Anita, Ika W. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi 2(2) : 246-251.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 5(2) : 93-196.
Febriany, Rani & Yusri. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling 2(1): 8-16.
Ghazi, S. R. dkk. (2010). Parental Involvement in Children Academic Motivation. Asian Social Science 6(4): 93-99.
Gonzalez-DeHass, A. R., Willems, P. P., & Holbein, M. F. D . (2005). Examining the Relationship Between Parental Involvement and Student Motivation. Educational Psychology Review 17(2): 99-123.
Grolnick, W.S., Benjet, C., Kurowski, C.O., Apostoleris, N.H. (1997). Predictors of Parent Involvement in Children’s Schooling. Journal of Educational Psychology 89(3): 538-548.
Grolnick, W.S., Slowiaezek, M.L. (1994). Parent’s Involvement in Children Schooling: A Multidimensional Conceptualization and Moivational Model. Child Development 65(1): 237-252
Hamdi, A. S. & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantutatif: Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Harususilo, Yohannes E. 7 Hambatan Keluarga Terlibat di Kegiatan Sekolah (2018, November). Kompas. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/19/21471951/7-hambatan-keluarga-terlibat-di-kegiatan-sekolah
Hasni, Yasmina. Jumlah Penghafal Al-Qur’an Indonesia Terbanyak di Dunia. (2010, September). Republika. Retrieved from https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia/
Hoang, T. N. (2008). The Effect of Grade Level, Gender, and Ethnicity on Attitude and Learning Environment in Accounting in High School. International Electronic Journal of Accounting Education 3(1): 47-59.
Jeynes, William H. (2005). A Meta-Analysis of the Relation of Parental Involvement to Urban Elementary School Student Academic Achievement. Urban Education 40(3) : 237-269.
Johnson, L. (2015). Rethinking Parental Involvement: A Critical Review of The Literature. Urban Education Research and Policy Annuals License Agreement 3(1)77-90.
Kamal, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di MA Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya). Tadarrus: Jurnal Pendidikan Islam 6(2).
Lestari, N. G. A. M. Yeni. (2019). Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1): 8-17.
Lubis, Rahmat R. dkk. (2019). TAHFIDZ ONLINE (Studi Menghafal Al-Quran Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Ubudiyah Medan). Jurnal Pendidikan Islam 9(2) : 61-75.
Mar'ati, Rela. (2016). Pengaruh Pembacaan dan Pemaknaan Ayat-Ayat Al-Qur'an terhadap Penurunan Kecemasan pada Santriwati. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi 1(1) :30-48.
Munawir. (2017). Pengaruh Pemberian Motivasi terhadap Semangat Hafalam Al-Qur’an Siswi Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Al-Miriyyah Blokagung Banyuwangu Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam 9 (1): 122-147.
Rosidi, A. (2016). Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Multi Kasus di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dan Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur’an Raudhatusshalihin Wetan Pasa Besar Malang). Al Qodiri Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 10 (1): 67-101.
Ryan, R. M. & Deci, E. L. (2000). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist 55(1): 68-78.
Santosa, Dwi T. & Us, Tawardjono. (2016). Faktor-FAktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas XI Jurusan TEknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif 8(2): 14-21.
Santrock, John. (2010). Educational Psychology, 5th Edition. Texas: McGraw Hill.
Saptadi, H. (2012). Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Imlikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling 1 (2): 117-121.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H.B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Vallerand, R. J., Pelletier, L. G., Blais, M. R., Briere, N. M., Senecal, C., :& Vallieres, E. F. (1993). On the Assessment of Intrinsic, Extrinsic, and Motivation in Education: Evidence on the Concurrent and Construct Validity of the Academic Motivation Scale. Educational and Psychological Measurement 53: 159-171.
DOI: https://doi.org/10.20961/jip.v7i2.55159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa
We would like to thank the following organizations for their support :
Faculty of Psychology, Universitas Sebelas Maret
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
rganiza