Upaya Meningkatkankerja Sama dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe TTW (Think, Talk, and Write) Dengan Media Scramble Tournament di Kelas XI IPS 5 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sejarah siswa di kelas XI IPS 5 SMAN 5 Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan media Scramble.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 30 siswa.Sumber data berasal dari guru, siswa, kegiatan pembelajaran, angket, observasi dan dokumen tentang jumlah siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan analisis data kualitatif yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi, paparan data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut.Pertama, model pembelajaran TTW dan media Scramble dapat meningkatkan kerjasama siswa.Berdasarkan hasil angket pra siklus hanya ada satu aspek yang dapat mencapai 75%. Sedangkan disiklus I ada 10 aspek dapat mencapai indikator ketercapaian dan siklus II semua aspek dapat mencapai indikator ketercapaian yaitu 75%. Kedua, model pembelajaran TTW dan media Scrambledapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pada pra siklus siswa yang dapat mencapai ketuntasan belajar 14 siswa dan yang belum mencapai ketuntasan belajar 16 siswa.Siklus I siswa yang dapat mencapai ketuntasan belajar mencapai 19 orang.Sedangkan siklus II siswa yang dapat mencapai ketuntasan belajar mencapai 23 siswa. Dengan demikian, Penerapan model pembelajaran TTW dan media scrambledapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 5 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Azis, dkk. 2006. Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan alat peraga sains fisika (materi tata surya) untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa. Jurnal Pendidikan Fisika UNNES, Volume 4, Nomor 2, 94-99.
Abdulsyani. 1994. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara
Azizan, dkk. 2018. Improving teamwork skills and enhancing deeplearning via development of board game usingcooperative learning method in ReactionEngineering course. JurnalEducation For Chemical Engineers Universitas Putra Malaysia, Volume 2 Nomor 2, 1-13.
Hossain.Anowar. 2013.Effect of Cooperative.Learning on student achievement and attitudes in secondary mathematics.Jurnal Procedia Social and Behavioral Sciences Universitas Teknologi Petronas Malaysia, Volume 93, Nomor 2, 473-477
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogayakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2007. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Jihad, A & Haris, A.2013.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning (MEMPRAKTIKKAN Cooperative Learning di ruang-ruan kelas). Jakarta: Gramedia
Nana, Sudjana.2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ratih Purwanti, dkk. 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika UNLAM, Volume 2, Nomor 2, 161-172.
Shoimin, Aris. 2014. 66 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
Slavin, Robert. 2005. Cooperative Learning. (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Winayawati, dkk. 2012. Implementasi model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Talk Write terhadap kemampuan menulis rangkuman dan pemahaman matematis integral. Journal Research Mathematics Education UNNES. Volume 1, Nomor 1, 65-71
Zainal, A dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:CV Yratama Widya