Pendidikan Kewirausahaan, Relevansi Kurikulum Dan Kompetensi Pendidik Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan, relevansi kurikulum dan kompetensi pendidik terhadap niat berwirausaha mahasiswa Universitas Sebelas Maret.
Penelitia ini menggunaka metode kuantitaif dengan populasi mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang telah memperoleh mata kuliah kewirausahaan. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis adalah 373 responden. Teknik pengambila sampel yang digunaka adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpula data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui media sosial. Penelitia ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan software SPSS.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel pendidikan kewirausahaan (0,000) dan kompetensi pendidik (0,001), kedua variabel independen tersebut mempengaruhi signifikan terhadap niat berwirausaha ditunjukkan dengan nilai probabilitas dari keduanya <0,05. Kemudian untuk variabel relevansi kurikulum (0,389) tidak mempengaruhi signifikan terhadap niat berwirausaha karena nilai probabilitas >0,05. Selanjutnya, secara simultan variabel pendidikan kewirausahaan, relevansi kurikulum dan kompetensi pendidik berpengaruh signifikan terhadap nia berwirausaha ditunjukka dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adediran Adekunle Amos, Onifade, & Adenike, C. (2013). The Perception of Students on the Need for Entrepreneurship Education in Teacher Education Programme. 13(3), 71–79.
Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan tingkat pendidikan.
Choi Tung, L. (2011). The Impact of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention of Engineering Students.
Cloud UNS. (2019). Universitas Dalam Angka Edisi 5. UNS. https://cloud.uns.ac.id/index.php/s/JeqQyvsC2Z2IUpg(Cloud UNS, 2019)
Collombelli, A., Loccisano, S., Panelli, A., Pennisi, O. A. M., & Serraino, F. (2022). Entrepreneurship Education: The Effect of Challenge-Based Leaning on the Entrepreneurial Mindset of University Students. https://doi.org/10.3390/admsci12010010
Farashahi, M., & Tajeddin, M. (2018). Effectiveness of teaching methods in business education: A comparison and simulations. International Journal of Management in Education, 16(1), 131-142.
Fatoki, O. (2014). The entrepreneurial intention of undergraduate students in South Africa: The influences of entrepreneurship education and previous work experience. Mediterranian Journal of Social Science, 5(7), 294-299.
Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2021). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.03.007
Krueger, N. F., Reilly, M. D., & Carsrud, A. L. (2000). Competing Models of Entrepreneurial Intentions. Journal of Business Venturing, 15, 411-432.
Liñán, F., & Chen, Y.-W. (2009). Development and Cross-Cultural Application of a Specific Instrument to Measure Entrepreneurial Intentions. 593–617.
Merdeka.com. (2021). Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di Bawah Malaysia dan Thailand. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com/uang/jumlah-wirausaha-indonesia-jauh-di-bawah-malaysia-dan-thailand.html
Permendikbud RI Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, (2020).
Prastowo. (2014). Memahami metode-metode penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Purwana, D. (2017). Pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi: Strategi, sukses membangun karakter dan kelola usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riani, A. L. (2014). Dasar-dasar kewirausahaan. Surakarta: UNS Press.
Thomas Udo-Imeh, P., Bello, K. B., & Danjuma, I. (2015). Influence of Entrepreneurial Development Programme on Entrepreneurial Intentions amongst Final Year Students in Two Public Universities in Nigeria. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(6), 187–196. www.arcjournals.org.
Trilling, B., & Hood, P. (1999). Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age. 1–25.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen, Pub. L. No. 14 (2005).
Refbacks
- There are currently no refbacks.