Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMK Negeri 6 Surakarta Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agnifredi. (2012). Penggunaan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran. Diperoleh pada 13 Maret
dari http://agnifredi.blogspot.com/2012/11/teka-teki-sebagai-media-pembelajaran.html
Ali, M. & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Pesrta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Aksit, F., Niemi, H., & Nevgi, A. (2016). Why is active learning so difficult to implement: The
Turkish case. Australian Journal of Teacher Education, 41 (4) 94-109
Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, S., & Khotimah, K.(2011) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Yrama Widya
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Elson, R. J., Ostapski, S. A., O’Callaghan, S., & Walker, J. P. (2015). Enhancing the understanding
of government and nonprofit accounting with THE PUZZLE GAME: A pilot study. Journal
of Instructional Pedagogies. 12(11) 1-8
Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1
Gonzales, A., Jennings, D. & Manriquez, L. (2014). Multi-facted Impact of a Teams Games
Tornament on the Ability of the Leaners to Engage and Develope Their Own Critical Skill
Set. International Journal of Engineering Education, 30 (5) 1213-1224
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba
Humanika
Isjoni. (2009). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok.
Bandung: Alfabeta
Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta
Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ismail, A. (2009). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif.
Yogyakarta: Pilar Media
Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan
Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Khasanah, F. (2015). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division), Jurnal Ilmiah Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 18 (2) 48-57
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: sebagai pengembangan profesi
guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:
Yrama Widya
Miarso, Y. H. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media
Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Thobroni, M. & Mumtaz, F. (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan
Permainan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi
Pardamean, M. (2015). Play With Smart: Temukan Permainan yang Bisa Merangsang Kreativitas,
Inisiatif dan Imajinasi. Yogyakarta: CV Andi Offset
Rina, N. I. & Sukanti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT dengan Roda Putar untuk
Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa SMKN 1 Tempel, Jurnal Pendidikan
Akuntansi Indonesia, 14 (1) 1-27
Rosalia, T. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sadiman, S. A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian,
Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media
Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Effects of using Teams Games Tournaments (TGT)
Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh.
Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3(3) 1-11
Saefuddin, H. A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R.E. (2006). Cooperatif Learning( Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Sudjana, N. & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino pada
Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar, Lantanida Journal, 5 (2) 93-196
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sujarwo. (2011). Model-Model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: CV Venus
Gold Press
Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1
Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suwandi, J. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Penerbit Qinant
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif.
Bandung: Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan
Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada
Media Group
Uno, H. B. & Mohamad, N. (2013). Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara
Van Wyk, M. M. (2011). The effect Of Teams Games Tornament On achiecements Retention and
Attitude Economics Education Students. Journal Social Science, 26 (3) 183-193
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya
Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational
Education (ELINVO), 1 (2) 1-30
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.