Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Teka-Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SMK Negeri 6 Surakarta Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019

Affifah Nurul Aini, Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto Nugroho

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1 (TGT berbantu media Teka-Teki Silang (TTS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) Pengamatan atau Observasi; dan (4) Refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta dengan jumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan: (a) wawancara, (b) observasi dan (c) dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terbukti pada saat pra siklus, persentase keaktifan peserta didik sebesar 30,30%. Pada siklus I saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments berbantu media teka-teki silang (TTS) keaktifan peserta didik meningkat dengan tingkat pencapaian sebesar 75,76%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan ketercapaian persentase keaktifan siswa sebesar 93,94%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantu media teka-teki silang (TTS) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 6 Surakarta pada mata pelajaran ekonomi bisnis tahun pelajaran 2018/2019.

Keywords

eamsGames-Tournament, puzzle media, learning activeness of students

References

Agnifredi. (2012). Penggunaan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran. Diperoleh pada 13 Maret

dari http://agnifredi.blogspot.com/2012/11/teka-teki-sebagai-media-pembelajaran.html

Ali, M. & Asrori, M. (2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Pesrta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Aksit, F., Niemi, H., & Nevgi, A. (2016). Why is active learning so difficult to implement: The

Turkish case. Australian Journal of Teacher Education, 41 (4) 94-109

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, S., & Khotimah, K.(2011) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Yrama Widya

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elson, R. J., Ostapski, S. A., O’Callaghan, S., & Walker, J. P. (2015). Enhancing the understanding

of government and nonprofit accounting with THE PUZZLE GAME: A pilot study. Journal

of Instructional Pedagogies. 12(11) 1-8

Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1

Gonzales, A., Jennings, D. & Manriquez, L. (2014). Multi-facted Impact of a Teams Games

Tornament on the Ability of the Leaners to Engage and Develope Their Own Critical Skill

Set. International Journal of Engineering Education, 30 (5) 1213-1224

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba

Humanika

Isjoni. (2009). Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok.

Bandung: Alfabeta

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta

Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ismail, A. (2009). Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif.

Yogyakarta: Pilar Media

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif dan

Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Khasanah, F. (2015). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran

Kooperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Division), Jurnal Ilmiah Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 18 (2) 48-57

Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas: sebagai pengembangan profesi

guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:

Yrama Widya

Miarso, Y. H. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Thobroni, M. & Mumtaz, F. (2011). Mendongkrak Kecerdasan Anak Melalui Bermain dan

Permainan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi

Pardamean, M. (2015). Play With Smart: Temukan Permainan yang Bisa Merangsang Kreativitas,

Inisiatif dan Imajinasi. Yogyakarta: CV Andi Offset

Rina, N. I. & Sukanti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TGT dengan Roda Putar untuk

Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa SMKN 1 Tempel, Jurnal Pendidikan

Akuntansi Indonesia, 14 (1) 1-27

Rosalia, T. (2005). Aktivitas Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sadiman, S. A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian,

Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Salam, A., Hossain, A., & Rahman, S. (2015). Effects of using Teams Games Tournaments (TGT)

Cooperative Technique for Learning Mathematics in Secondary Schools of Bangladesh.

Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3(3) 1-11

Saefuddin, H. A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, R.E. (2006). Cooperatif Learning( Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media

Sudjana, N. & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Susanna. (2017). Penerapan Teams Games Tournament (TGT) Melalui Media Kartu Domino pada

Materi Minyak Bumi Siswa Kelas XI MAN 4 Aceh Besar, Lantanida Journal, 5 (2) 93-196

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sujarwo. (2011). Model-Model Pembelajaran: Suatu Strategi Mengajar. Yogyakarta: CV Venus

Gold Press

Affifah N. A., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol.5 No. 1

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Suwandi, J. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Penerbit Qinant

Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyono & Hariyanto. (2015). Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif.

Bandung: Alfabeta

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif: Konsep, Landasan, dan

Implementasi pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada

Media Group

Uno, H. B. & Mohamad, N. (2013). Belajar dengan pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara

Van Wyk, M. M. (2011). The effect Of Teams Games Tornament On achiecements Retention and

Attitude Economics Education Students. Journal Social Science, 26 (3) 183-193

Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya

Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational

Education (ELINVO), 1 (2) 1-30

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.