Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Kecanduan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI SMA Islam 1 Surakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone pada Siswa di
SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3. (5): 86-96.
Arifin, L. A. Rahmadi, F.A. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Prestasi Belajar
Siswa Usia 10-11 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 6. (2): 728-736.
Arifin, Z. (1990). Evaluasi Instruksional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz.
Boumosleh, J. Jaalouk, D. (2018). Smartphone Addiction among University Students and Its
Relationship with Academic Performance. Global Journal of Health Science. 10. (1): 48-59.
Cahyani, I.Y. Kurniawan, A. (2013). Hubungan antara Akademik Stress dengan Smartphone
Addicition pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental.
(1): 16- 21.
Daeng, I. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan. Jurnal Acta
Diurna. 6. (1): 1-15.
Haug, S. Dkk. (2015). Smartphone Use and Smartphone Addiction among Young People in
Switzerland. Journal of Behavioral Addictions. 4. (4): 299-307.
Ketheeswaran, K. Mukunthan, T. (2017). Usage of the Smart Phones for Learning Purposes by
Students Who Follows ‘Diploma in Commonwealth Youth Development Programmes’ in
the Colombo And Batticaloa Centres of the Open University of Sri Lanka. Journal Of
Humanities And Social Science. 21. (5): 75-78.
Kibona, L. Mgaya, G. (2015). Smartphones’ Effects on Academic Performance of Higher Learning
Students: a case of Ruaha Catholic University – Iringa, Tanzania. Journal of
Multidisciplinary Engineering Science and Technology. 2. (4): 777-784.
Kuss, D. J. (2017). Adolescent Social Media Addiction. Journal of Education and Health. 35. (3):
-52.
Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Prestasi Akademik
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. Jurnal Cogito Smart. 3. (1): 83-90.
Muflih, M. Hamzah, H. Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial
pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal. 8. (1):
-18.
Nurmalasari. Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Prestasi Siswa
SMPN Satu Atap Paksjaya Karawang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer.
(2): 211-218.
Park, N. Lee, H. (2011) Social implications of smartphone use. Journal of Cyberpsychology. 15.
(9): 491-497.
Pearson, C. Hussain, Z. (2015) Smartphone Use, Addiction, Narcissism, and Personality: A Mixed
Method Investigation. Journal of Cyber Behavior, Psychology and learning: 5. (1): 17-32.
Rabiu. dkk. (2016). Impact of Mobile Phone Usage on Academic Performance Among Secondary
School Students In Taraba State, Nigeria. Journal of European Scientific. 12. (1): 466-479.
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 5. (2): 722-731.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, N.S .(2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.
Usman. (2014). Tips dan Trik dalam Membeli Smartphone. Serpong: Surya University.
Williams, B. Sawyer, S. (2011). Using Information Technology. New York: McGraw-Hill
Refbacks
- There are currently no refbacks.