Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Kecanduan Smartphone terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X dan XI SMA Islam 1 Surakarta

Aditya Febrian Hadi, Kristiani Kristiani, Budi Wahyono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (2) pengaruh penggunaan smartphone terhadap kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta; (3) pengaruh kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta sebanyak 81 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik kuesioner untuk data penggunaan smartphone dan kecanduan smartphone, serta teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar. Analisis data yang digunakan adalah Path Analysis dengan taraf signifikansi 5%, data diolah dengan bantuan program aplikasi pengolahan data IBM AMOS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang tidak signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 0,181 (p = 0,87 > 0,05) dan tidak terdapat pengaruh tidak langsung melalui variabel kecanduan smartphone yang ditunjukkan dengan nilai -0,047 (p = 0,405 > 0,05); (2) terdapat pengaruh yang signifikan positif antara variabel penggunaan smartphone terhadap variabel kecanduan smartphone siswa kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar 2,176 (p = 0,000 < 0,05); (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kecanduan smartphone terhadap variabel prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Islam 1 Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh nilai estimasi yang diperoleh sebesar -0,022 (p = 0,405 > 0,05).

Keywords

penggunaan smartphone, kecanduan smartphone, prestasi belajar

References

Agusta, D. (2016). Faktor-Faktor Resiko Kecanduan Menggunakan Smartphone pada Siswa di

SMK Negeri 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 3. (5): 86-96.

Arifin, L. A. Rahmadi, F.A. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Prestasi Belajar

Siswa Usia 10-11 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro. 6. (2): 728-736.

Arifin, Z. (1990). Evaluasi Instruksional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Baharuddin. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz.

Boumosleh, J. Jaalouk, D. (2018). Smartphone Addiction among University Students and Its

Relationship with Academic Performance. Global Journal of Health Science. 10. (1): 48-59.

Cahyani, I.Y. Kurniawan, A. (2013). Hubungan antara Akademik Stress dengan Smartphone

Addicition pada Mahasiswa Pengguna Smartphone. Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental.

(1): 16- 21.

Daeng, I. (2017). Penggunaan Smartphone dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan. Jurnal Acta

Diurna. 6. (1): 1-15.

Haug, S. Dkk. (2015). Smartphone Use and Smartphone Addiction among Young People in

Switzerland. Journal of Behavioral Addictions. 4. (4): 299-307.

Ketheeswaran, K. Mukunthan, T. (2017). Usage of the Smart Phones for Learning Purposes by

Students Who Follows ‘Diploma in Commonwealth Youth Development Programmes’ in

the Colombo And Batticaloa Centres of the Open University of Sri Lanka. Journal Of

Humanities And Social Science. 21. (5): 75-78.

Kibona, L. Mgaya, G. (2015). Smartphones’ Effects on Academic Performance of Higher Learning

Students: a case of Ruaha Catholic University – Iringa, Tanzania. Journal of

Multidisciplinary Engineering Science and Technology. 2. (4): 777-784.

Kuss, D. J. (2017). Adolescent Social Media Addiction. Journal of Education and Health. 35. (3):

-52.

Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Prestasi Akademik

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. Jurnal Cogito Smart. 3. (1): 83-90.

Muflih, M. Hamzah, H. Puniawan, W. A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial

pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal. 8. (1):

-18.

Nurmalasari. Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Prestasi Siswa

SMPN Satu Atap Paksjaya Karawang. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer.

(2): 211-218.

Park, N. Lee, H. (2011) Social implications of smartphone use. Journal of Cyberpsychology. 15.

(9): 491-497.

Pearson, C. Hussain, Z. (2015) Smartphone Use, Addiction, Narcissism, and Personality: A Mixed

Method Investigation. Journal of Cyber Behavior, Psychology and learning: 5. (1): 17-32.

Rabiu. dkk. (2016). Impact of Mobile Phone Usage on Academic Performance Among Secondary

School Students In Taraba State, Nigeria. Journal of European Scientific. 12. (1): 466-479.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa

Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. 5. (2): 722-731.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S .(2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Usman. (2014). Tips dan Trik dalam Membeli Smartphone. Serpong: Surya University.

Williams, B. Sawyer, S. (2011). Using Information Technology. New York: McGraw-Hill

Refbacks

  • There are currently no refbacks.