Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dipadu Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa SMK Batik 1 Surakarta pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adams, F.H. (2013). Using Jigsaw Technique as an Effective Way of Promoting Cooperative
Learning Among Primary Six Pupils in Fijai. International Journal of Education and
Practice, 1 (6), 64-74. Aldoory, L., & Toth, E. (2004). Leadership and Gender in Public Relations: Perceived
Effectiveness of Transformational and Transactional Leadership Style. Journal of Public
Relations Research, 16, 157-183. Arends, R.I. (2008). Learning to Teach ; Belajar untuk Mengajar. Terj. Helly Prayitno Soetjipto
dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dimyati, & Mudjiono. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.Tobroni, M., &
Mustofa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Fujioka, K. (2005). Talking Stick: An American Indian Traditional in the ESL Classroom. The
Internet TESL Journal, Vol. IV, No. 9, 1-6. Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi
Aksara. Kurniasih, I., & Sani, H. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena. Lie, A. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo. Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung: Rosda Karya. Pandey, N.N., & Kishore, K. (2003). Effect of Cooperative Learning on Kognitif Achievement in
Science. Journal of Science and Mathematic Education in S.E Asia, 26 (2) , 52-60. Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta. Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Sahin, A. (2010). Efect of Jigsaw II Technique on Academic Achievement and Attitudes to Written
Ekspression Course. Educational Research and Review, 5(12), 777-787. Setyawati, D. (2011). Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Metode Talking Stick d alam Model
Learning Cycle Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 5 Surakarta. Jurnal
Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. Silberman, M. (2005). 101 Strategi Pembelajran Aktif. Terj. Sarjuli, Adzfar, Ammar, Sutrisno, Zainal, Ahmad, et al. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Agnes Indah P., Soetarno Joyoatmojo, Jonet Ariyanto N. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol. .. No...
Sriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyanto. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon
FKIP UNS. Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz
Media. Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Belajar. Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Winataputra, U.S. (2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press
Refbacks
- There are currently no refbacks.