Analisis Rhodamin B pada Sirup Berwarna Merah yang Beredar di Kota Sragen Tahun 2017

Adi Yugatama, Novel Fibriani Lukitasari

Abstract


Rhodamin B merupakan zat pewarna yang penggunaannya dilarang dalam makanan maupun minuman. Penggunaan rhodamin B sebagai pewarna minuman dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Selain itu, penggunaannya telah diatur dalam Permenkes RI No. 239/Menkes/Per/V/85, namun hingga saat ini masih sering terjadi penyalahgunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif pada sirup berwarna merah yang tidak terregistrasi BPOM di Kota Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di laboratorium, dimana terdapat lima sampel. Penyarian zat warna dalam sampel dilakukan dengan metode ekstraksi cair-cair. Pemeriksaan kualitatif dilakukan dengan metode kromatografi lapis tipis (KLT) menggunakan eluen n-butanol, etil asetat, amonia (10:4:5) v/v/v. Penetapan kadar dilakukan secara spektrofotometri UV-Vis pada panjang gelombang 557,4 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima sampel sirup yang diuji tidak terindikasi adanya senyawa rhodamin B. Meskipun tidak teridentifikasi adanya zat pewarna Rhodamin B, namun diperlukan sikap kehati-hatian dalam mengkonsumsi sirup berwarna merah yang tidak terdapat izin edar BPOM.

 

Keywords: rhodamin B, Sirup, Kromatografi lapis tipis, Spektrofotometri UV-Vis


rticle

References


Chan, C.C., Lam, H., Lee, Y.C., Zhang, X.M., 2004. Analytical Method Validation and Instrument Performance Verification. A John Wiley & Sons, Inc., Canada.

Depkes RI, 1995. Farmakope Indonesia, Edisi IV. Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Saparinto, C. dan Hidayati, D., 2006. Bahan Tambahan Pangan. Kanisius, Yogyakarta.

Rohman, A., 2007. Kimia Farmasi Analisis. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Silalahi, J. dan Rahman, F., 2011. Analisis Rhodamin B pada Jajanan Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara. Jurnal Indon. Med. Assoc. 61 (7), 293–298.

Winarno, F.G., 1993. Pangan Gizi, Teknologi, dan Konsumen. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yamlean, P.V.Y., 2011. Identifikasi dan Penetapan Kadar Rhodamin B pada Jajanan Kue Berwarna Merah Muda yang Beredar di Kota Manado. Jurnal Ilmiah Sains. 11 (2), 289–295.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.