Penentuan Strategi Pemasaran Produk Keripik Bonggol Pisang dengan Menggunakan Analisis SWOT

Sholichah Rohmani, Adi Yugatama

Abstract


Bisnis yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah banyak mengisi kegiatan ekonomi baik di daerah maupun nasional. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT dan merumuskan strategi pemasaran produk olahan dari bonggol pisang berupa keripik. Data primer diperoleh dari produsen dan konsumen. Produsen dipilih secara purposive, sedangkan konsumen dipilih secara accidental sampling saat mereka membeli produk. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis data dari faktor internal maupun eksternal, serta untuk merumuskan strategi pemasaran. Hasil diperoleh dari penelitian bahwa strategi pengembangan pemasaran produk keripik bonggol pisang menekankan dalam pertimbangan faktor internal kekuatan, kelemahan dan faktor eksternal peluang, ancaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum produk keripik bonggol pisang memiliki keunggulan produk terutama dalam hal rasa, dan kandungan gizi yang tinggi. Kelemahan yang dimiliki adalah produk kurang tahan lama namun konsumen juga tidak menginginkan adanya bahan pengawet. Peluang yang dihadapi adalah tingginya minat konsumen, serta inovasi produk. Ancaman terdiri dari SDM yang belum terlatih dan lemahnya daya beli konsumen meskipun mereka berminat terhadap produk. Hasil dari pengurangan faktor kekuatan dan faktor kelemahan didapat nilai sumbu X sebesar 3,07 sedangkan untuk pengurangan faktor peluang dan ancaman didapat nilai sumbu Y sebesar 0,30. Diagram SWOT menunjukan letak posisi pengembangan strategi pemasaran produk keripik bonggol pisang berada pada kuadran I (SO), artinya strategi pemasaran yang direkomendasikan pada produk keripik bonggol pisang adalah strategi agresif (growth oriented strategy).

rticle

References


Feriyanto, N., 2017. Penentuan Strategi Pemasaran Produk Darma Karya Dengan Menggunakan Analisis Grand Matrix SWOT. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship. , Volume 02, pp. 44-57.

Franco, M., Santos, Maria de Fatma, Ramalho, I & Nunes, C, 2014. An Exploratory Study of Entrepreneurial Marketing in SMEs, The Role of the Founder-Entrepreneur. Journal of Small Business and Enterprise Development, Volume 21, pp. 265-283.

Helms, M. M. & Nixon, Judy, 2010. Exploring SWOT Analysis-Where are We Now? A Review of Academic from the Last Decade. Journal of Strategy and Management, Volume 3, pp. 215-251.

Lamprinopoulou, C. & Tregear, A., 2011. Inter-firm Relations in SME Clusters and the Link to Marketing Performance. Journal of Business & industrial Marketing, Volume 26, pp. 421-429.

Porter, M. E., 1998. Competitive Strategy : Techniques for Analyzing Industries and Competitors. With A New Introduction. New York: The Free Press.

Rangkuti, F., 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Resnick, S., Cheng, Ranis, Bindley, Clare & Foster, Carley, 2011. Aligning Teaching and Practice : A Study of SME Marketing. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, Volume 13, pp. 37-46.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.