Pengaruh Variasi Konsentrasi Avicel PH 102 dengan Dikalsium Fosfat Anhidrat sebagai Fillerbinder terhadap Sifat Fisik Tablet Vitamin C

Kanindya Mercyana Puspa Riyanti, Sholichah Rohmani

Abstract


Vitamin C mempunyai sifat higroskopis sehingga tidak tahan kelembapan dan pemanasan, sehingga cocok dibuat sediaan tablet dengan metode kempa langsung, dimana kempa langsung hanya dapat digunakan pada kondisi zat aktif yang tidak tahan kelembapan dan pemanasan. Syarat bahan pada metode kempa langsung yaitu mempunyai sifat alir dan kompaktibilitas yang baik, sehingga bahan yang cocok untuk karakter tersebut adalah Avicel PH 102 dan dikalsium fosfat anhidrat sebagai fillerbinder. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan sediaan tablet Vitmin C dan mengetahui adanya pengaruh variasi konsentrasi Avicel PH 102 dan dikalsium fosfat anhidrat sebagai Fillerbinder terhadap sifat fisik Vitamin C. Tablet Vitamin C dibuat dengan metode kempa langsung menjadi 3 formula dengan variasi penggunaan bahan fillerbinder. (F1) menggunakan Avicel PH 102, (F2) menggunakan dikalsium fosfat anhidrat dan (F3) kombinasi antara Avicel PH 102 dan dikalsium fosfat anhidrat. Granul dan Tablet diuji sifat fisiknya, dan data yang diperoleh dibandingkan dengan literatur. Hasil penelitiaan formula tablet Vitamin C menggunakan bahan Avicel PH 102 dan dikalsium fosfat anhidrat sebagai Fillerbinder menunjukkan bahwa pada (F1) lebih baik dari pada (F2) hal ini terlihat pada hasil uji sifat fisik granul maupun hasil uji sisik tablet. Untuk (F3) kombinasi antara Avicel PH 102 dan dikalsium fosfat anhidrat mempunyai sifat memperbaiki sifat dari dikalsium fosfat anhidrat.

rticle

References


Anderson Nr GS Banker dalam : Lachman Lliberman HA.Kaning Jl, 1984, Teori dan Praktek Farmasi Industri Volume 2 Edisi III, UI press, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 1979, Farmakope Indonesia Edisi III, Departemen Kesehatan RI. Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 1995, Farmakope Indonesia Edisi IV, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Fudholi, A., 2013, Disolusi dan Pelepasan obat In Vitro, 18,22, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Hadisoewignyo L, Teny Gracesya Florensya, dkk, 2011, Pengaruh bahan pengisi pada tablet Ibu Profen dengan metode cetak langsung, Majalah farmasi Indonesia (22) hal. 279-285.

ICL perusahaan spesialais makanan, 2017, Dialsium Phosphate Anhyrous(DCPa) powde, http://www.ulprospector.com/en/na/food/detail/2362/68868/Dicalsium-Phosphate-- Anhydrous-DCPa-Powder, 13 Juni 2018.

Kibbe, A. H., 2000, Handbook Of Pharmaceutical Excipients, Third Edition, 160, 276-278, 324, Pharmaceutical Press London, United Kingdom dan American Pharmaceutical Association, Washington, D.C.

Medina M. D. L. L. R and V, Kumar, 2006, Evaluation of Cellulose II Powders as a Potential Multifunctional Excipient in tablet Formulation. international Journal Pharm 322 page31-35.

Pudji S. R,1990, Pengaruh Perbandingan Laktosa dan Amylum Manihot dalam Granulat Dasar terhadap Mutu Sifat Fisik Tablet Vitamin C, Skripsi, Fakultas Farmasi, Universias Airlangga, Surabaya.

Rori, W. M., Yamlean, P.V.Y., dan Sudewi, S, 2016, Formulasi dan Evaluasi sediaan basah Ekstrak Daun Gedi Hijau (Abelmoschus manihot) dengan metode granulasi basah. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi UNSRAT, Vol 5 No. 2 hal 243-250.

Rowe, R.C., P. J. Sheskey, S.O. Owen, 2003, Handbook of pharmaceutical Excipients 5 th.., Pharmaceutical Press, London.

Rowe R. C Paul J W, 2009, Hand Book of Pharmaceutical Excipients 6 th, Pharmaceutical Press and American Pharmaceutical USA, USA

Sandell, E., 1982, Pharmaceutics Ed. II, Swedish Pharmaceuticals Press, Stochklom.

Saputro Trio Adi, 2016, Optimasi Formula Fast Disinteranting Tablet, Fakultas Farmasi UMP. Purwokwerto.

Setyawan Dwi, Wijaja Bambang, Zimy Fianti ningtyas, 2010, Pengaruh Avicel PH 102 terhadap karaterist fsik dan laju disolusi Orally Disintegrting Tablet Piroxicam dengan metode cetak langsung. Majalah Ilmu Kefarmasiaan volume 7 no. 1, 9-16, Fakultas Farmasi Universtas Airlangga, Surabaya.

Siregar, J. P Charles JP., Wikarsa, S., 2010, Teknologi Farmasi Sediaan Tablet: Dasar- dasar Praktikum, Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Siswanto A, Fudholf A, dkk, 2016, Pemodelan Frmakokinetika Tablet Floating Aspirin pada kelinci dengan PKS Solver, Jurnal Ilmu Kefarmasiaan Indonesia, vol 14 hal.1-8, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.