Carica Seed Gel Potential as Antioxidant Potensi Gel Biji Carica sebagai Antioksidan

Sandi Kurniawan, Refira Intan Prasidha, Devi Kemala Dewi, Tiara Mega Kusuma

Abstract


Paparan sinar uv dari paparan sinar matahari merupakan salah satu radikal bebas yang berperan terhadap kerusakan pada kulit. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat reaksi oksidasi dengan cara mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif. Antioksidan dapat diperoleh dari asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, betakaroten, senyawa fenolik dan flavonoid. Di dalam biji C. Pubescens mengandung beberapa senyawa metabolit diantaranya flavonoid yang diduga berpotensi sebagai senyawa antioksidan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas antioksidan ekstrak biji carica dengan metode DPPH serta memformulasinya dalam bentuk sediaan gel ekstrak biji carica sebagai kosmetika dengan variasi konsetrasi Na-CMC sebagai gelling agent yaitu 3% (F1), 4% (F2), 5% (F3), dan 6% (F4). Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak biji carica memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dengan nilai IC50 sebesar 21 ppm. Formula gel ekstrak biji carica dengan konsetrasi 3% memiliki sifat fisik yang paling baik dengan kekentalan yang cukup, berwarna kuning, pH 4,5; daya sebar 5,7 cm dan viskositas 140 dPa/s.

rticle

References


Blois M.S., 1958, Antioxidant Determinations by the Use of a Stable Free Radical, Nature, 18, 1199-1200.

Hariyatimi. 2004. Kemampuan Vitamin E sebagai Antioksidan terhadap Radikal Bebas pada Lanjut Usia. Jurnal MIPA. Universitas Muhamadiah Surakarta Vol. 14: 52-60.

Molyneux, P., 2004. The Use of The Stable Free Radical Diphenylpicryl-hydrazil (DPPH) for Estimating Antioxidant Activity, Songklanakarin J. Science Technology, 26(2), 211-219.

Pietta P.G., 2000, Flavonoids as Antioxidants, J. Nat. Prod., 63(7), 1035–1042.

Patil Swati, Supritha Shetty, Rama Bhide, dan Shridhar Narayanan. 2013. Evaluation of Platelet Augmentation Activity of Carica papaya Leaf Aqueous Extract in Rats. Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry Volume 1 Issue 5.

Rock, Red. 2009. Product Review-wild mountain papaya extrack. http://www.associantedcontent.com/article/1987516/product_review_wild_mountain_papay a_html.

Sari Irna R.M.2012.Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Jamur Pleurotusostreatus dengan Metode DPPH dan Identifikasi Golongan Senyawa Kimia dari Fraksi Teraktif.Jakarta: FMIPA UI.

Wijaya A, 1996. Radikal Bebas dan Parameter Status Antioksidan,Forum Diagnosticum, Prodia. Diagnostic Educational Services, No. 1: 1–12.

Winarsi H., 2007, Antioksidan Alami dan Radikal Bebas, 19, Kansius, Yogyakarta.

Zularnain, K., 2013. Stabilitas Fisik Sediaan Lotion O/W dan W/O Ekstrak Buah Mahkota Dewa Sebagai Tabir Surya dan Uji Iritasi Primer pada Kelinci. Gajah Mada University Press : Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.